BOLMUT,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6). Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pada upacara tersebut dilaksanakan penyerahan piagam apresiasi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolmut yang diserahkan oleh Penjabat Bupati Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev.

Amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan oleh Penjabat Bupati Dr Sirajudin Lasena mengatakan, 1 Juni 2024, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada Tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Dengan mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Forkopimda Kabupaten, ketua DMI Bolmut, Para Asisten Sekda, Staf ahli bupati, staf khusus bupati, Pimpinan OPD, kepala Perbankan, para camat, dirut RS Pratama, Serta ASN. (*)