BOLMUT,-  Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr Sirajudin Lasena, SE.M.Ec.Dev menghadiri Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Hasil Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Centre, Senin (8/7/2024).

Kegiatan yang bertemakan “Menguatkan Fondasi Keuangan Negara, Menuju Indonesia Emas 2045” dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo, Ketua BPK RI, Menteri, BPK perwakilan masing-masing daerah, seluruh kepala daerah termasuk didalamnya Gubernur Sulut Prof (HC) Dr Olly Dondokambey SE.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo berharap, pengelolaan keuangan Negara hingga ke daerah-daerah dapat dilaksanakan secara transparan, akuntabel, efisien dan efektif dalam memacu pembangunan demi mensejahterakan rakyat.

“Uang Negara itu adalah uang rakyat, jadi kelola dengan baik demi kesejahteraan rakyat,” ujar Presiden.

Dalam pengelolaan keuangan Negara, Indonesia kini menurut Presiden berada pada track yang benar. Sebab, ditengah goncangan ekonomi dunia, keuangan Negara tetap stabil, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen dan inflasi tetap terjaga. 

Penjabat Bupati Bolmut Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev usai mengikuti kegiatan penyampaian LHP Pemerintah Pusat, menyatakan akan melaksanakan semua instruksi Presiden RI dalam mengawal dan memanfaatkan anggaran Negara tepat pada peruntukkannya.

“Pemda Bolmut tetap berkomitmen untuk mengelola keuangan Negara secara transparan, efisien, efektif dan akuntabel demi kemajuan daerah dan masyarakat secara keseluruhan,” tegas Sirajudin.

Pada Tahun 2024, dalam hal pengelolaan keuangan Negara, Pemda Bolmut berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulut. Raihan prestasi tersebut, tentu berdasarkan penilaian objektif, terkait betapa baiknya pengelolaan keuangan Negara disemua sektor.

“Kedepan pengelolaan keuangan Negara akan tetap dipacu untuk program-program yang berpihak pada kepentingan rakyat. Jadi, semua pihak di daerah harus tetap mensuport pemerintah agar semua program yang dirancang bisa sukses,” tutur Sirajudin.

Turut mendampingi Penjabat Bupati, yakni Penjabat Sekda Bolmut Dr Hi Abdul Nazarudin Maloho, Kaban Keuangan Pemda Bolmut Awaludin, Kabag Perekonomian Saeroji, dan Kabag Prokopim Sofian Mokoginta serta pejabat daerah lainnya.