MINAHASA,- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di depan mata. Strategi dan taktik merebut kemenangan mulai dijabal. Dipastikan, akan banyak kejutan di pesta demokrasi 2024 ini.

Misalnya potensi koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Teranyar, peluang kolaborasi dua partai jawara ini bisa terwujud.

Selain PDIP menjadi jawara pemilihan legislatif (Pileg), Gerindra juga merupakan partai pemenang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selain level provinsi, koalisi PDIP-Gerindra terbuka lebar di tingkat kabupaten dan kota.

Adalah Kabupaten Minahasa. Sinergitas PDIP-Gerindra dinilai bisa menjadi kunci kemenangan.

“Apalagi, ada tokoh-tokoh populer dan kapabel di Minahasa. Contohnya pak Robby Dondokambey dari PDIP. Beliau punya basis massa yang jelas serta dukungan partai. PDIP juga bisa mengusung dengan jumlah kursi yang dimiliki saat ini di DPRD,” nilai Rolly Toreh, SH MH, pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut).

Begitu juga dengan Gerindra. “Saya kira, efek ekor jas dari kemenangan Gerindra di Pilpres bisa menjadi bergaining dalam pilkada nanti. Artinya, bisa jadi kader Gerindra mendampingi pak Robby Dondokambey. Itu akan jadi sangat kuat,” ungkapnya.

“Saat ini ada pak Perly Pandeiroot dan lainnya. Kemudian, ada pak Audy Karamoy yang sepengetahuan kami juga mendaftar di Gerindra. Beliau juga gencar bersosialisasi saat ini. Intinya, Minahasa dan Sulut pasti jadi perhatian khusus Presiden terpilih Pak Prabowo Subianto karena punya kedekatan khusus sebagai bagian dari wilayah ini,” sebut mantan aktifis Unsrat tersebut.

Pun begitu, Rolly mengakui jika dalam politik, semuanya bisa berubah dalam sekian detik. Jadi, tinggal bagaimana strategi dari partai untuk menyiapkan calon terbaik mereka sehingga diterima masyarakat.

“Jangan lupa, biaya atau cost politik juga akan jadi pertimbangan. Kita tunggu saja sebelum ada penetapan dari KPU. Ini kan hanya prediksi, dan bisa berubah,” lugas Rolly yang juga merupakan pengacara muda yang giat memperjuangkan hak-hak warga kecil itu.