BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev mengikuti Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2025 pada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah Sulut oleh Ombudsman RI di Luwansa Hotel Manado, Selasa (2/7).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Sulut Dr (HC) Olly Dondokambey SE dihadiri oleh kepala-kepala daerah se-Sulut termasuk Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev.

Gubernur menyatakan rasa bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ombudsman dan bupati/walikota SE Sulut, sebab pelayanan publik kini manfaatnya dapat dirasakan luas oleh masyarakat. “Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pimpinan Ombudsman dan kepala daerah, karena kini masyarakat bisa merasakan layanan publik dengan sangat baik,” ujarnya.

J Hutabarat dari Ombudsman RI mengungkapkan pelayanan publik di daerah Nyiur Melambai sudah semakin baik, sebab semua daerah menunjukkan Zona Hijau. “Terima kasih atas partisipasi semua pihak, sehingga pelayanan publik semakin prima di Sulut,” jelasnya.

Dari data yang dirilis oleh Ombudsman RI pada tahun 2023, pelayanan publik di Sulut meningkat pesat hingga 70 persen dan semuanya sudah berada di zona hijau, dari sebelumnya Tahun 2022 hanya berada di zona kuning dan merah. “Mudah-mudahan tahun ini Sulut bisa mendapat peringkat 1 juga dalam penilaian pelayanan publik secara nasional seperti tahun sebelumnya,” jelas Hutabarat.

Pada tahun 2023 khusus Bolmut berhasil masuk ke zona hijau. Penjabat Bupati Bolmut Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev  mengatakan pemerintah daerah akan mengoptimalkan pelayanan publik, demi mensejahterakan rakyat. Satu diantara yang sudah disiapkan adalah Mall Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Lapangan Kembar Boroko.

Supriadi Goma, Kabag Ortal Pemda Bolmut meyakini pada tahun ini, hasil penilaian dari Ombudsman RI akan semakin baik di daerah dalam hal pelayanan publik.