Gambar Tomohon

TOMOHON,- Program Gerakan Makanan Sehat diterapkan oleh pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Tomohon. Siswa pun dilarang membawa bekal sembarangan untuk dikonsumsi.

Hal itu dibenarkan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP N 3 Tomohon, Dra. Adel Irmaneke Debertine Ering kepada media belum lama ini.

“Untuk saat ini, SMP N 3 satu-satunya sekolah yang ditunjuk sebagai binaan Gerakan Sekolah Sehat se Kota Tomohon,” beber Adel, di ruang kerjanya.

Ia menerangkan, program tersebut adalah program pemerintah pusat, dan sejak bulan Januari sudah diterapkan kepada anak-anak didik.

“Kami membiasakan anak membawa makanan sehat dari rumah, dan dibuat program setiap hari rabu makan bersama. Di SMP Tiga dinamakan GEMAS, gerakan makanan sehat,” terangnya.

Diterangkan bahwa para murid tidak diperkenankan membawa makanan siap saji seperti mie instan, makanan gorengan yang berpotensi mengganggu kesehatan anak.

“Kami sudah melaksanakan rapat dengan para orang tua murid. Kami anjurkan makanan yang dibawa itu seperti ikan rebus, singkong, buah,” bebernya.

Kemudian, kata Adel, ada juga program membawa air mineral sendri dari rumah. “Karena anak-anak sekarang kurang minum air puti. Air minum dibawa dari rumah, tapi harus di tumbbler sendiri. Tidak diperkenankan minum air kemasan,” tegasnya.

“Tentu itu untuk kesehatan dari para siswa. Selain itu juga mengurangi sampah. Sebelum pulang sekolah, air minum siswa akan di cek guru, apakah habis atau tidak. Harus dihabiskan,” ucapnya.

Dikatakan, program tersebut pasti akan berdampak positif bagi para siswa. “Kita perbiasakan makan-makanan sehat. Juga pembentukan fisik anak, di minggu pertama tiap bulan ada jalan sehat,” ujarnya.

“Upaya ini kita lakukan untuk masa depan anak-anak kita nanti,” pungkas Adel.

Gambar Tomohon