TOMOHON,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus melaksanakan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap bakal pasangan calon perseorangan, untuk Pilkada 2024.

Dari informasi, pelaksanaan Verfak yang sudah dimulai pada Tanggal 24 Juni tersebut, dukungan bakal calon perseorangan hampir selesai.

“Ya, pada H-3 Verfak selesai, totalnya sudah hampir mencapai 100 persen dari 10.954 dukungan yang memenuhi syarat untuk di Verifikasi Faktual. Sudah 10.648 yang telah dikunjungi,” ungkap Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tomohon, Deisy Soputan.

Dilanjutkan, pihaknya sampai saat ini masih dalam proses Verfak, hingga akhir pelaksanaan Verfak pada Tanggal 4 Juli.

“Masih sementara, baik itu kita didatangi langsung, melalui video call atau dikumpulkan serta melalui video rekaman,” beber mantan Ketua Bawaslu Tomohon itu.

Selanjutnya, Deisy menyampaikan kepada masyarakat, untuk mensupport KPU dalam pelaksanaan Verfak tersebut.

“Untuk masyarakat yang didatangi oleh PPS ata verifikator supaya menyediakan identitas dari pendukung itu sendiri,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang tidak memberikan dukungan atau dicatut, Deisy mempersilahkan untuk memberikan tanggapan masyarakat melalui link info pemilu.

“Yang pasti, kita melaksanakan Verfak ini sesuai aturan. Kami harapkan supaya masyarakat untuk mendukung tahapan ini. Semua untuk kebaikan Kota Tomohon ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, KPU Tomohon sudah melaksanakan Verfak pasangan calon perseorangan yakni, Wenny Lumentut dan Michael Mait sejak 24 Juni, dan akan berakhir pada 4 Juli 2024 ini.