Gambar Tomohon

Tomohon,- Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di Lumimpasot Café & Hall, Kelurahan Matani Tiga, Kecamatan Tomohon Tengah, Kamis (19/9/2024).

Dalam Rakor Tersebut, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Tomohon, Rojer Datu mengatakan, kegiatan ini penting dilaksanakan.

“KPU Tomohon melaksanakan kegiatan ini berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu,” ucap Rojer.

Kegiatan itu juga berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024, tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Maka itu, rakor dan sosialisasi persiapan pelaksanaan kampanye Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Tahun 2024 ini, penting kita laksanakan,” ujarnya.

Di sisi lain, Rojer Datu mengatakan, untuk persiapan pelaksanaan kampanye, awalnya KPU Tomohon beserta stakeholder yakni Pol PP, TNI dan Polri akan melaksanakan penertiban APK yang tidak sesuai aturan.

“Selain itu, pengamanan di tempat-tempat yang viral,” sambungnya.

Dikatakan, dalam rancangan PKPU, KPU itu akan menetapkan titik-titik APK.

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah secara berjenjang dari teman-teman PPS kemarin, sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kelurahan,” terang Rojer.

Begitupun dengan teman-teman PPK, kata Rojer, sudah berkoordinasi dengan Kecamatan.

“Nah, hari ini kita akan membangun suatu komitmen, suatu kesepakatan bersama termasuk di dalamnya ada parpol dari pasangan calon yang hadir, untuk pelaksanaan Pilkada yang berintegritas, ” pungkasnya.

Dikatakan, semua akan mendengar poin-poin yang menjadi langkah-langkah strategis ke depan untuk melaksanakan tahapan.

Tampak hadir dalam Rakor tersebut, Asisten 1 Pemkot Tomohon, ODS Mandagi, BIN Korwil Tomohon-Minahasa Letkol Laut Ahmad Firgaus, Kasat Pol PP Toar Pandeirot, Komisioner Bawaslu Tomohon Handy Tumiwuda, perwakilan dari TNI/Polri.

Hadir juga, perwakilan Partai Politik, Camat dan Lurah, serta undangan lain.

Gambar Tomohon