banner 728x90

BPBD Tomohon Bentuk 2 Tim Khusus Tangani Bencana Alam

BPBD Tomohon Bentuk 2 Tim Khusus Tangani Bencana Alam
Tim Khusus BPBD Tomohon saat melakukan penanganan pohon tumbang di 2 lokasi

TOMOHON, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, kini sudah lebih tanggap dalam penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah.

Ternyata, salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kini dipimpin oleh Hengky Supit SIP tersebut sudah membentuk 2 Tim Khusus penanganan bencana alam.

Hal itu dibenarkan Hengky kepada wartawan, Rabu (6/4/2022) malam. Menurutnya, pembentukan Tim tersebut untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Tomohon.

“Ya, BPBD Kota Tomohon saat ini membentuk Pusat Pengendalian Operasi Bencana (Pusdalops) sebagai Tim terpusat menangani informasi-informasi kebencanaan,” ucapnya.

IMG 20220406 WA0089
Mobil Rescue TRC BPBD Tomohon

Selain Tim itu, kata dia, BPBD Tomohon juga membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). “TRC BPBD Tomohon ini untuk menanggapi dengan cepat laporan kebencanaan,” ungkap Hengky Supit.

Baca Juga: Kota Tomohon Diguyur Hujan, BPBD: Informasikan ke Kami Jika Ada Lokasi Bencana

“Kedua Tim ini dibentuk supaya dalam penanganan bencana di wilayah Kota Tomohon boleh ditangani secara cepat dan tepat,” jelasnya.

Seperti penanganan bencana hari ini, lanjut mantan Kadis Perkim Tomohon tersebut, dua Tim BPBD Tomohon ini bergerak di dua lokasi bencana yang terjadi di Tomohon.

“Malam ini ada dua lokasi pohon tumbang. Di jalan Wailan-Kayawu, dan di jalan Taratara-Kayawu,” bebernya.

IMG 20220406 WA0065

Meski begitu kata dia, pihaknya tetap mengharapkan bantuan dari masyarakat Kota Tomohon dalam penanganan bencana alam.

“Kita sangat mengharapkan bantuan dari masyarakat, baik informasi atau membantu petugas dalam penanganan di lokasi kejadian,” ucap Hengky sembari berharap tidak akan terjadi bencana serius di Kota Tomohon.