Tomohon

Lolowang Tutup Pelatihan Bagi Petani Pelaku Usaha Tanaman Hias Krisan

Lolowang Tutup Pelatihan Bagi Petani Pelaku Usaha Tanaman Hias Krisan

TOMOHON, liputankawanua.com – Wali Kota Jimmy F Eman diwakili Sekretaris Kota Harold Lolowang, menutup kegiatan Pelatihan Teknologi Budidaya Krisan Berbasis Good Agriculture Practices (GAP) dan Pelatihan Kultur Jaringan Krisan Kota Tomohon, di Show Window Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara, Jumat (20/11/2020).

Kegiatan dilaksanakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, Badan Litbang Pertanian dalam hal ini Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi (BPTP) Sulawesi Utara, dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon ini, berlangsung selama 5 hari (16 – 20 November 2020).

Kepala Puslitbang Hortikultura M Taufiq Ratule menjelaskan, kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) baik petani maupun penyuluh. “Menginisiasi penerapan Good Agricultural Practices (GAP) dan kemandirian benih dalam rangka menghasilkan produk berkualitas sesuai standar ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Lolowang menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini pihak Kementerian Pertanian yang telah memberikan perhatian untuk Kota Tomohon, dalam pengembangan varietas unggul krisan melalui pelatihan teknologi budidaya dan pelatihan kultur jaringan krisan. “Dengan adanya pelatihan ini berharap para petani akan dapat memperoleh pengetahuan lebih dalam memaksimalkan budidaya krisan, sehingga kedepan bukan tidak mungkin Tomohon akan menjadi pengekspor krisan sampai ke luar negeri,” tuturnya.

Adapun, peserta dalam kegiatan ini, petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, para penyuluh dari BPTP Sulawesi Utara, dan para petani pelaku usaha tanaman hias krisan Tomohon. Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis dari pihak Puslitbang bersama Sekretaris Kota didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu kepada para peserta pelatihan.

Narasumber dalam pelatihan tersebut dari Tim Balithi (Balai Penelitian Tanaman Hias) Dedeh Kurniqsih, Kurnia Yuniarto, Herni Shintia Vira. Hadir dalam kegiatan, Gema Putra Perdana Setiawan mewakili staf khusus Menteri Pertanian, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Rudy Soehendi, Kepala BPTP Provinsi Sulut Steivie Karouw, Ketua Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Kota Tomohon Piet H K Pungus.***

Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top