Sosial Kemasyarakatan

PMI Tomohon Peringati Hari Donor Darah se Dunia, Puluhan Mahasiswa UNIMA Sumbang Darah

PMI Tomohon Peringati Hari Donor Darah se Dunia, Puluhan Mahasiswa UNIMA Sumbang Darah
Foto: Ketua PMI Tomohon Syerly Adelyn Sompotan nampak mengecek mahasiswa yang melakukan donor darah

TOMOHON, – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Syerly Adelyn Sompotan menggelar donor darah, Rabu (21/6/2021) di Kantor PMI Tomohon.

Aksi Donor darah tersebut dilakukan oleh puluhan anggota Ikatan Mahasiswa Universitas Negeri Manado (UNIMA) di Kota Tomohon.

Ketua PMI Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan kepada wartawan mengungkapkan, aksi donor darah ini digelar dalam rangka memperingati Hari Donor Darah se Dunia. ”Ya, kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka hari donor darah yang dirayakan setiap tanggal 14 Juni,” ungkap Syerly.

Wakil Walikota Tomohon periode 2016-2021 tersebut berharap, peringatan Hari Donor Darah se Dunia ini bisa membangkitkan rasa empati dan kepedulian dari masyarakat.

”Saya berharap warga Kota Tomohon untuk terus mendonasikan darah bagi setiap masyarakat yang membutuhkan. Apalagi, Tomohon saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19,” pintanya.

Foto: Syerly Adelyn Sompotan bersama puluhan mahasiswa UNIMA Tomohon.

Dirinya (Syerly-red) juga mengapresiasi keikut sertaan para mahasiswa dan mahasiswi UNIMA yang sudah menyumbangkan darah bagi masyarakat. ”Saya bersyukur dan mengapresiasi para mahasiswa UNIMA yang sudah datang dan menyumbangkan darah. Ini tentunya soal rasa kemanusiaan. Dan yang pasti, sumbangan ini akan sangat berguna bagi masyarakat,” tukas Wanita yang akrab di sapa SAS tersebut.

Sementara, dr Levie Golioth M.Kes menjelaskan, setiap darah yang disumbangkan, tetap akan dijalankan sesuai protap. Dimana, darah yang diambil tetap akan diperiksa. ”Proses ini wajib guna kebersihan darah yang disumbangkan agar benar- benar bebas dari penyakit seperti Hepatitis, HIV dan lainnya,” ungkap Golioth.

”Jika golongan darah yang disumbangkan bersih dari penyakit akan segera disimpan. Sedangkan darah yang terkoneksi dengan penyakit akan segera dimusnahkan,” pungkas Levie.

Peliput: SRM
Editor: Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top