TOMOHON – Dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), tahap pertama untuk Kota Tomohon segera cair dalam waktu dekat ini.

Hal itu dipastikan saat Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH, melakukan penandatanganan pernyataan ulang (restatement) Perjanjian Pinjaman PEN Daerah Kota Tomohon.

Penandatanganan itu dilaksanakan di kantor PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), di gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta, Kamis (21/10/2021), dan disaksikan Notaris PT. SMI.

Dipastikannya pencairan dana PEN tersebut membuktikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawah pimpinan Walikota Caroll Senduk SH dan Wenny Lumentut SE bisa dikata sukses ‘menggadai’ APBD Tomohon.

BACA JUGA: Terkait Pinjaman PEN, Tular: Visi-Misi Diselesaikan Dengan Berutang, Saya Juga Bisa!

Pasalnya, pinjaman ratusan miliar dana PEN tersebut nantinya akan dibayar menggunakan dana APBD Tomohon selama paling lambat 8 Tahun.

Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH dalam rilis resmi Pemkot Tomohon mengungkapkan, dengan dilakukannya penandatanganan ini Dana PEN Daerah Kota Tomohon Tahap I akan segera cair.

“PT. SMI akan segera mencairkan sebesar Rp. 25.088.650.710, dari total pinjaman sebesar Rp. 100.354.602.840,” ungkap Caroll.

BACA JUGA: Jika Dana PEN Cair, CSWL Bakal Wariskan Utang Sekitar 198 M ke Pemimpin Tomohon Mendatang

Menurutnya, dana pinjaman yang nantinya akan dibayarkan dengan APBD Tomohon tersebut, dialokasikan untuk berbagai kebutuhan infrastruktur seperti penataan destinasi pariwisata, sumber daya air dan jalan.

“Ini merupakan upaya pemerintah Kota Tomohon untuk menciptakan akselerasi pembangunan dalam pencapaian visi misi kami demi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,” tukasnya.

Hadir dalam penandatanganan pinjaman PEN Tomohon ini, Direktur PT. SMI Ibu Sylvi Juniarty Gani, Kepala Devisi Pembiayaan Bapak Erdian, Kaban BPKPD Kota Tomohon Gerardus Mogi, Notaris PT SMI, Kabid Perbendaharaan Danny Liuw, Joan Tampubolon, Andi Bikar.