KAWANUA Tomohon – Satu jabatan Eselon III, sejumlah Eselon IVa, Lurah serta Kepala Sekolah SD dan SMP di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon dirombak.

Dirombaknya puluhan jabatan tersebut ditandai dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Struktural yang digelar di Rumah Dinas Walikota Tomohon, Senin (4/10/2021).

Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, saat melantik para pejabat yang baru tersebut mengatakan, setiap PNS yang memenuhi syarat jabatan mempunyai kesempatan yang sama untuk diangkat dalam jabatan administrasi yang lowong.

“Begitu juga, PNS yang diangkat menjadi pejabat administrator dan pejabat pengawas wajib dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Caroll.

BACA JUGA: Video: Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Pemkot Tomohon Diwarnai Keributan

Dijelaskan, aparatur pemerintah memegang peranan yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan proses pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

“Kemajuan Kota Tomohon saat ini, maupun di masa yang akan datang, sangat tergantung pada bagaimana aparatur pemerintah bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat menyikapi berbagai kebijakan, program, serta dinamika dan kompleksitas permasalahan yang terjadi saat ini,” terangnya.

“Untuk dapat menyikapi semua itu, dibutuhkan insan aparatur yang profesional, loyal, berdedikasi, berdisiplin, taat aturan, berwawasan luas, memiliki kompetensi serta mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang secara dinamis,” ujar Caroll.

Dikatakannya, pejabat yang baru saja dilantik telah memenuhi persyaratan baik dari segi kualitas, kepangkatan, dan kompetensi yang dimiliki.

“Oleh karena itu ke depan diharapkan kepada saudara-saudara untuk menunjukkan kinerja dan prestasi kerja yang maksimal. Harus sadari dan pahami bahwa jabatan yang diemban merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

“Selamat kepada para pejabat yang telah dilantik. Demoga memegang amanah yang telah diamanatkan kepada masing-masing jabatan,” tukasnya.

Hadiri dalam pelantikan, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene DEA, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Rohaniwan dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.