TOMOHON,- Dana talangan atau uang pinjaman untuk operasional RSU Bethesda Tomohon dari Sinode GMIM ternyata dibebani bunga atau bunga, oleh Pembina Yayasan Medika GMIM.

Buktinya, untuk kelangsungan operasional, Rumah Sakit Umum (RSU) Bethesda Tomohon, 3 kali melakukan pinjaman dana talangan ke kas Sinode GMIM melalui BPMS yang diketuai Dr Hein Arina.

Namun, diberlakukan riba atau sebuah ketentuan nilai tambahan dengan melebihkan jumlah nominal pinjaman saat dilakukan pelunasan alias bunga.

Hal itu diungkapkan, Direksi RSU Bethesda Tomohon yang baru diberhentikan, dr Ramon Amiman dan dua wakil direktur masing-masing dr Maryo Moningka SpRad dan dr Ellaine Wenur M.Kes kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Ramon bersama wakil direktur menjelaskan, dalam pinjaman dana talangan tersebut diberlakukan bunga atau riba sebesar 2 persen. “Itu atas arahan Pembina Yayasan Medika. Untuk peminjaman dana talangan diajukan ke pihak Sinode GMIM,” jelas dr Ramon yang diiyakan dua Wakil Direktur.

Baca Juga: Insentif 3% Untuk Direksi Sesuai SK Yayasan Medika GMIM, Karyawan: Bukan Keinginan RSU Bethesda Tomohon

Sementara, dr Ellaine Wenur menjelaskan, sebenarnya dana talangan atau Supply Chain Financing (SCF) adalah program pembiayaan oleh bank, yang dikhususkan untuk fasilitas kesehatan, mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam rangka percepatan penerimaan piutang.

“Ini agar kelangsungan operasional rumah sakit tidak terganggu. Terutama saat ada keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan maupun Covid-19,” beber mantan Direktur RSU GMIM Kalooran Amurang itu.

Diterangkan, untuk program tersebut, RSU Bethesda bekerja sama dengan Bank Mandiri dengan bunga 8,5 persen pertahun atau 0,7 persen per bulan.

Prosedur Yayasan Medika GMIM sejak tahun 2019, jika membutuhkan dana talangan, rumah sakit membuat surat permohonan izin dan uraian peruntukan pemakaian dana talangan ke Pembina Yayasan.

Apabila disetujui, kata dia, Pembina Yayasan Medika dalam hal ini BPMS GMIM, yang diketuai Pdt Dr Hein Arina, akan menghubungi pihak Bank Mandiri untuk pencairan dana.

Selanjutnya…