MANADO, – Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Sulawesi Utara (Sulut), dibawah komando James Arthur Kojongian (JAK), akan menggelar aksi kemanusiaan terhadap korban banjir bandang yang terjadi 27 Januari 2023 lalu, di Kota Manado.

Kegiatan itu rencananya, akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP BAPERA, Fahd El Fouz Ar Rafiq dan sekjend Mustafa Radja.

Hal itu dibenarkan Ketua BAPERA Sulut, James Arthur Kojongian ST MM, kepada wartawan, Minggu (26/2/2023)

“Jadi besok, Senin 27 Februari, BAPERA Sulut akan melaksanakan aksi kemanusiaan terhadap korban banjir dan longsor di Kota Manado,” ungkap James.

JAK (sapaan akrab James) menerangkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia, untuk para korban terdampak banjir dan tanah longsor.

“BAPERA Sulut harus mengambil bagian secara nyata membantu masyarakat terdampak musibah ini. Walaupun Saya harus mengakui bantuan ini agak terlambat, tetapi kami menyesuaikan dengan waktu dari Ketum,” ungkap JAK yang diketahui adalah wakil ketua DPRD Provinsi Sulut.

Dijelaskan, selain menyerahkan bantuan terhadap warga Kota Manado yang terdampak banjir, diagendakan juga pelantikan pengurus BAPERA Kabupaten/Kota di Sulut.

“Selain menyerahkan bantuan sosial, juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus BAPERA 7 Kabupaten/Kota. Akan dilantik langsung oleh Ketum Fahd,” terang James.

Penyerahan bantuan itu, akan dilaksanakan di lokasi bencana khususnya yang ada di daerah Cempaka, Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken Darat, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Diketahui, pada 27 Januari 2023 lalu, banjir terjadi di 40 titik yang tersebar di 25 kelurahan. Sembilan kelurahan diantaranya juga dilanda bencana longsor dan pohon tumbang, bahkan ada yang menelan korban jiwa.

Pengurus BAPERA yang akan dilantik yakni, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Utara, kepulauan Sangihe serta Minahasa Tenggara.