MINAHASA – 189 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan Desember 2020 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, resmi menerima Surat Keputusan (SK) seratus persen sebagai PNS, Jumat (24/3/2023).

Penyerahan SK ditandai dengan pengambilan sumpah janji CPNS menjadi PNS oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Frits Muntu SSos, di Ruang Sidang Kantor Bupati.

Dalam sambutannya, Muntu mengatakan bahwa setelah di ambil sumpah, berarti sudah sah sebagai aparatur sipil negara. Dan momentum ini, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang sudah seratus persen PNS.

“Untuk sampai di titik ini bukan hal yang muda. Untuk itu, bersyukurlah dalam bentuk semangat yang tinggi dan kinerja yang berkualitas dalam menjalankan tugas kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” katanya.

Dikatakan Muntu, sumpah janji yang telah diucapkan, pada hakekatnya merupakan kesanggupan terhadap negara dan kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk menjalankan tugas serta fungsinya sebagai aparatur pemerintah. 
     
“Kedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan rasa tanggung jawab. Jadilah sosok positif, bisa menjadi teladan bagi lingkungan kerja dan lingkungan sekitar. Karena yang dibutuhkan bukan hanya ASN yang cerdas, tapi juga berakhlak yang baik dan terpuji,” pesannya.

Muntu mengingatkan, sebagai ASN, harus bisa memahami dan mengimplementasikan reformasi birokrasi dimanapun ditugaskan. Dengan tetap berpedoman pada nilai dasar ASN, yaitu berakhlak dan (employee branding) bangga melayani bangsa.

“Adapun strategis yang harus dialkukan ASN, yaitu berkomitmen bersama dalam penyelenggaraan manajemen ASN berbasis sistem merit,” pungkasnya.
         
Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Minahasa, Drs Moudy Pangerapan MAP, membacakan SK CPNS menjadi PNS, yang dihadiri jajaran Pemkab. (Jes*)