Minahasa – Kejuaraan Pacuan Kuda siap dihelat Pemerintah Kabupaten Minahasa Sabtu 11 Maret 2023, yang akan memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Dr. Arody Tangkere, MAP mengatakan, bahwa perhelatan akbar Pacuan Kuda ini untuk mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Pordasi Tahun 2023.

“Saat ini panitia penyelenggara sementara matangkan persiapan, diantarannya sarana dan prasarana serta lokasi termasuk tempat dilaksanakannya lomba nanti,” jelas Tangkere usai melakukan rapat persiapan yang dihadiri Ketua Pordasi Sulut Ferry Wowor, Selasa (7/3/2022).

Tangkere mengatakan, selain lomba Pacuan Kuda ada juga Roda Sapi, Pameran kuda dan bendi ini, bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulawesi Utara.

“Jadi untuk hal-hal teknis nanti akan diatur Panitia Pelaksana dan dari pihak Pordasi Sulut,” kata Tangkere.

Ia menjelaskan, untuk Kejuaraan Pacuan Kuda yang memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati juga disiapkan berbagai hadiah untuk pemenang nanti. “Ada juga uang tunai yang nanti disiapkan bagi para pemenang,” sebutnya.

Diketahui, dalam kejuaraan pacuan kuda ini bakal diikuti oleh para Joki terbaik, dengan berbagai kategori kelas.

Sementara, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, melalui Sekda Dr. Lynda Watania, MM, MSi mengajak kepada segenap masyarakat pecinta olahraga berkuda dan roda sapi untuk mesukseskan kejuaraan pacuan kuda.

”Mari bersama-sama kita mensukseskan olahraga Pacuan Kuda dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Nasional. (Jes*)