JAKARTA,- 5 anggota Komisioner KPU Tomohon, periode 2023-2028 dilantik Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Dalam pelantikan itu, KPU RI melantik Komisioner KPU di 44 kabupaten/kota yang di dalamnya Komisioner KPU Tomohon.

Ada lima provinsi dilantik KPU Ri, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Kepulauan Riau.

Kegiatan itu ditandai dengan pengambilan sumpah oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari terhadap 220 anggota KPU kabupaten/kota.

“Apakah saudara bersedia diambil sumpah,” tanya Hasyim dan dijawab “Yah” oleh seluruh anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik, termasuk Komisioner KPU Tomohon.

Salah satu poin sumpah, yang diucapkan para anggota KPU kabupaten/kota, termasuk Kota Tomohon.

Mereka bersumpah menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, cermat, jujur, dan adil demi mensukseskan Pemilu 2024.

Hasyim saat sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik itu.

Ia mengingatkan anggota Komisioner agar segera melakukan penyesuaian irama kerja dan pembagian waktu sehari-hari terhadap ritme kerja dalam penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Segera melakukan penyesuaian-penyesuaian irama kerja, pembagian waktu sehari-hari untuk menyesuaikan dengan ritme kerja, ritme penyelenggaraan tahapan pemilu,” ujar dia.

Ia juga mengatakan 220 anggota KPU kabupaten/kota, juga Komisioner KPU Tomohon, untuk mempelajari kembali seluruh peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu.

“Saudara sekalian senantiasa melakukan penyegaran, membaca ulang peraturan perundang-undangan, terutama UU Pemilu, Peraturan KPU, Peraturan Bawaslu, Peraturan DKPP, dan undang-undang lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu,” ajaknya.

Berikut 5 nama Anggota Komisioner KPU Tomohon yang baru:

1. Albertien Grace Vierna Pijoh

  • Ketua Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik
  • Wakil Divisi Perencanaan, Data dan Informasi

2. Arinny Youla Poli

  • Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi
  • Wakil Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik

3. Youne Yohanes Pandapotan Simangunsong

  • Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan
  • Wakil Divisi Teknis Penyelenggaraan

4. Rojer Rafael Datu

  • Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM
  • Wakil Divisi Hukum dan Pengawasan

5. Deisy Soputan

  • Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan
  • Wakil Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM

Diketahui Ke-44 KPU kabupaten/kota itu meliputi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa, Minahasa Utara, Kota Bitung, Manado, dan Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Gowa, Barru, Bone, Bulukumba, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara di Provinsi Sulawesi Selatan.

Daerah yang dilatik juga, Kabupaten Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Wakatobi, Kota Bau-Bau, dan Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Kabupaten Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Kota Batam, Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu di Sulawesi Barat.