Penulis : Terry Wagiu

BANGGAI,- Dua atlet balap sepeda Kota Tomohon, Sulawesi Utara, berhasil menjuarai event Tour De Banggai II 2023, yang digelar Sabtu (15/7/2023).

Kedua atlet itu yakni, Aplhinstar Aprillia Hanserta Worotitjan dan Gabriel Turambi. Hanserta berhasil meraih juara 1, sedangkan Gabriel juara 3.

Hal itu dibenarkan, Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Tomohon, Friece Sumolang SH MH, melalui Sekretaris Mishael Turambi, Senin (17/7/2023).

“Ya, dua atlet ISSI Tomohon, yang ikut dalam kejuaraan membawa nama Sulut, berhasil meraih juara 1 dan 3 pada Tour De Banggai II 2023, di kelas Men Junior,” ungkap Michael kepada wartawan media ini.

Dikatakan, kejuaran tersebut diikuti oleh para atlet di 13 Provinsi yang ada di Indonesia. “Diantaranya Surabaya, Solo, Makasar, Palu, Kendari Ace dan Manokwari,” tuturnya.

“Untuk kelas Men Junior, diikuti oleh 39 Atlet. Jadi, persaingan dalam event ini cukup ketat, karena ini merupakan kejuaraan nasional,” bebernya.

Namun, menurutnya, persiapan para atlet Tomohon yang ikut dalam kejuaraan itu, cukup baik. Sehingga bisa meraih hasil yang memuaskan.

“Di event Nasional, hasil yang diraih oleh para atlet ISSI Tomohon ini tentu sangat baik dan membanggakan. Semoga ini lebih menambah semangat bagi para atlet lainnya untuk terus berlatih dan mendapatkan hasil yang memuaskan di event lainnya,” beber Mich.

Diungkapkan, usai kejuaraan ini, pihaknya segera mempesiapkan para atlet untuk mengikuti Pra PON di Sumatera Selatan dan persiapan POPNAS ke 16 2023.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah Kota Tomohon untuk para atlet sepeda. Karena para atlet ini sudah banyak meraih prestasi dan mengharumkan nama Kota Tomohon, termasuk pada Porprov Sulut 2022 di Bolmong lalu, ISSI Tomohon meraih juara umum,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Umum ISSI Sulut, Ferry Palar yang juga sebagai manajer Tim yang tampil pada kejuaraan itu, mangaku bangga terhadap para atlet sepeda Sulut.

“Semoga ke depan boleh meraih hasil yang lebih memuaskan,” singkat Ferry.

Selain 2 atlet Tomohon yang berhasil meraih juara, ada 2 atlet Sulut lainnya juga berhasil mendapatkan juara 2 dan 4. Keduanya yakni Kimi Manopo juara (2), Fajar Gasshani (4).

Diketahui, Event Tour De Banggai II 2023 tersebut dibuka oleh Staf khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar.

Bupati Banggai, Amirudin dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena pagi hari ini bisa kembali melaksanakan dan mengikuti Tour De Banggai II 2023.

“Kegiatan ini merupakan agenda Kabupaten Banggai yang InsyaAllah akan berlanjut. Mohon doanya untuk kita semuanya sehingga para goweser yang hari ini datang dari seluruh pelosok tanah air datang dengan selamat dan pulang juga dengan selamat,” tutur Bupati Amirudin.

Kemudian Staf khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar mengatakan, mewakili pemerintah pusat berharap agar event Tour De Banggai ini bisa menjadi skala nasional.

“Diikuti oleh 147 orang saja sudah banyak, apalagi sampai Papua dengan Aceh ikut. Harapan di tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi dan bisa menjadi kompetisi freshlicious yang diikuti oleh seluruh goweser dari seluruh Indonesia,” ujar Billy Mambrasar.

Lebih lanjut Billy mengatakan, sukses bukan hanya untuk acara Tour De Banggai II tetapi keseluruhan acara ini hingga malam nanti dan semoga para pesepeda bisa menikmati momen-momen ini kedepannya nanti.

Event Tour De Banggai II kali ini dimeriahkan dan diikuti langsung oleh 13 provinsi seluruh Indonesia yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Aceh, Papua Barat.

Kemudian DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Yogyakarta, dan Luwuk Kabupaten Banggai.