Penulis : Yaziin Solichin

Oleh : DR. Ir. Santoso Januwarsono, MBA, MM

Bagian 3 

Makna dari akronim huruf  O pada kata “Golf” yang berarti “Observasi” 

Kita mengkaji bagaimana prinsip-prinsip golf dapat diterapkan dalam manajemen bisnis. Salah satu prinsip utama dalam golf, yang juga sangat relevan dalam manajemen, adalah “Observasi” atau “Observation” yang direpresentasikan oleh huruf “O”. Dalam buku  ini, kita akan mendalami konsep observasi dan bagaimana prinsip ini dapat mengubah cara kita memandang manajemen.

Observasi di Lapangan Golf

Di lapangan golf, observasi adalah kunci kesuksesan. Pemain yang cerdas akan mengamati kondisi lapangan, arah dan kecepatan angin, posisi bola, dan bahkan kondisi mental dan fisik mereka sendiri sebelum memutuskan pukulan apa yang harus dilakukan. Melalui observasi yang cermat, pemain dapat membuat keputusan strategis tentang bagaimana memainkan pukulan berikutnya, kapan harus mengambil risiko, dan kapan harus bermain aman.

Penerapan Observasi dalam Manajemen

1. Mengenali Peluang dan Ancaman: Sama seperti pemain golf yang memeriksa lapangan untuk mengidentifikasi hambatan dan peluang, manajer harus mengamati lingkungan bisnis untuk mengetahui tren, perubahan, dan potensi ancaman yang mungkin muncul.

2. Pengambilan Keputusan yang Tepat: Keputusan yang didasarkan pada observasi yang cermat dan informasi akurat lebih mungkin menghasilkan hasil yang baik. Sebuah organisasi yang terbiasa mengobservasi akan memiliki keunggulan dalam merespons dengan cepat dan tepat terhadap perubahan.

3. Peningkatan Kinerja Tim: Dengan mengobservasi kinerja tim dan perilaku individu, pemimpin dapat memberikan umpan balik yang konstruktif, mengidentifikasi area yang memerlukan pelatihan, dan mendelegasikan tugas dengan lebih efisien.

4. Memahami Pelanggan: Dalam dunia bisnis, observasi dapat digunakan untuk memahami kebutuhan, perilaku, dan preferensi pelanggan. Teknik observasi, seperti riset etnografis, dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana produk atau layanan diterima di pasar.

5. Inovasi Berdasarkan Observasi: Banyak inovasi datang dari observasi terhadap masalah yang dihadapi pelanggan atau penggunaan produk dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyoroti kebutuhan yang belum terpenuhi, perusahaan dapat mengembangkan solusi inovatif yang memberikan nilai tambah.

Observasi adalah salah satu keterampilan paling berharga yang dapat dimiliki oleh pemain golf dan pemimpin bisnis. Dalam konteks “Manajemen by Golf”, observasi bukan hanya tentang melihat tetapi juga tentang memahami dan menerapkan wawasan yang diperoleh untuk membuat keputusan strategis. Seperti halnya dalam golf, di mana setiap pukulan didahului oleh analisis dan pertimbangan, dalam manajemen, keberhasilan sering kali ditentukan oleh kemampuan untuk mengamati, menganalisis, dan bertindak berdasarkan informasi tersebut.

“Sukses dalam bisnis tergantung pada kemampuan untuk melihat sesuatu yang tidak terlihat oleh orang lain.” – John D. Rockefeller

Kalimat bijak tersebut menekankan pentingnya kemampuan observasi untuk kesuksesan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis dan kepemimpinan. Dalam konteks “Manajemen by Golf”, observasi dapat membantu pemimpin untuk memahami situasi dan kondisi yang ada, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat.

Selain itu, observasi juga dapat membantu pemimpin untuk belajar dari pengalaman orang lain. Dengan mengamati apa yang dilakukan oleh orang lain, pemimpin dapat menghindari kesalahan yang sama dan mengembangkan strategi yang lebih efektif.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana pemimpin dapat menggunakan keterampilan observasi untuk meningkatkan kesuksesannya:

  • Mengamati tren pasar untuk mengembangkan produk atau layanan baru
  • Mengamati perilaku konsumen untuk memahami kebutuhan mereka
  • Mengamati pesaing untuk tetap unggul dalam persaingan

Dengan mengembangkan keterampilan observasi, pemimpin dapat membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan peluang kesuksesannya.

Berita Terbaru

Perekonomian Nasional dan Sulut Terus Bergeliat

Perekonomian Nasional dan Sulut Terus Bergeliat

Bisnis dan Ekonomi
25/09/2023, 12:23
Kumendong Siap Jalankan Amanah Gubernur Olly

Kumendong Siap Jalankan Amanah Gubernur Olly

Pemerintahan
25/09/2023, 11:18
Ini Pesan Gubernur Olly Bagi Lasena Cs

Ini Pesan Gubernur Olly Bagi Lasena Cs

Berita Utama
25/09/2023, 09:15
Kumendong Sah Pimpin Minahasa

Kumendong Sah Pimpin Minahasa

Berita Utama
25/09/2023, 08:50