Penulis : Terry Wagiu

TOMOHON,- Konstalasi politik di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mulai ‘membeku’. Konstelasi itu mulai nampak pasca ditetapkannya nama-nama Calon Legislatif (Caleg), oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) 3 November lalu.

Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Tomohon, yang meliputi Kecamatan Tomohon Selatan contohnya. Pendukung salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Djemmy Jerry Sundah SE, kini mulai ‘pamer’ fanatik.

Pasalnya, secara gotong royong, para pendukung Caleg nomor urut 1 dari Partai Golongan Karya itu, mulai memasang atribut berupa bendera, di setiap rumah pendukung.

Menarik, JES Jo (sapaan akrab Djemmy), ternyata punya pendukung fanatik yang menamakan diri “Mapala”. Usut para usut, ternyata barisan itu adalah para aparat yang ‘di lengser’ pasca Pemilihan Walikota (Pilwako) 2020 lalu.

Mapala ternyata singkatan dari Mantan Kepala Lingkungan beserta Wakil Kepala Lingkungan. Mereka mengaku bakal ‘pasang badan’ untuk JES, pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

“Iya, kami mantan Pala dan Meweteng (wakil pala) dan juga para Linmas, yang diberhentikan setelah Pilwako 2020 lalu. Kami mendukung penuh Jes Jo,” ungkap Syeni Runtukahu, mantan kepala lingkungan 7, Kelurahan Lansot.

Dikatakan, bahwa untuk Kelurahan Lansot, Pala’ dan Meweteng semuanya diganti setelah Pilwako 2020 lalu. “Tidak mengapa kami diberhentikan. Yang pasti saat dipercayakan saat itu, kami memberi diri untuk masyarakat,” beber Syeni diiyakan Joudy Bororing, mantan Pala Lingkungan 3 Lansot.

“Pak Djemmy Sundah sudah banyak berbuat untuk masyarakat. Apalagi di Tomohon Selatan, itu terbukti. Kami akan mensosialisasikannya, menggalang pendukung untuk JES,” pungkasnya.

Sementara, Jantje Londok, salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Tumatangtang Satu mengaku, mengaku simpati terhadap Caleg Djemmy Sundah, yang kini masih aktif sebagai Ketua DPRD Tomohon.

“Dia adalah figur yang peduli terhadap masyarakat. Saya sangat simpati terhadap beliau. Yang pasti, saya mendukung Jes Jo untuk Pilcaleg 2024,” singkat pengusaha sukses itu.

Terpisa, Djemmy Sundah, kepada wartawan mengaku terharu atas dukungan dari para tokoh masyarakat. “Terima kasih atas dukungannya. Jika nanti terpilih kembali, tentu apa yang diharapkan oleh masyarakat akan diperjuangkan,” bebernya.

Dikatakan, masyarakat Tomohon terlebih di Kecamatan Tomohon Selatan tentu bisa menilai apa yang sudah kami kerjakan di DPRD. “Apa yang sudah dan sementara diperjuangkan, tentu untuk kepentingan masyarakat,” singkatnya.

Diketahui, Djemmy punya basis massa yang jelas. Utu terbukti mulai dirinya terpilih sebagai Kepala Desa Lansot, sebelum menjadi Kelurahan beberapa Tahun silam.

Sepak terjang Djemmy Sundah, di dunia politik tak dapat diragukan. Pemberian diri yang tulus terhadap masyarakat pun membuat ia dipercayakan duduk di DPRD 2 Periode.