Penulis : Victor Rempas

TONDANO,- Tensi politik jelang pemilihan legislatif (pileg) 2024, terus menanjak. Hal itu berbuntut pada perebutan kursi wakil rakyat baik di level pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Dari beberapa daerah pemilihan (dapil) di Sulawesi Utara (Sulut), Dapil 6 Minahasa-Tomohon langsung mencuri perhatian. Ada sederet figur bintang bertarung di dapil ‘panas’ tersebut.

Selain incumbent di DPRD Sulut, Dapil Minahasa Tomohon juga diisi politisi-politisi berkelas, mulai dari ketua partai hingga mantan top eksekutif.

Untuk berebut kursi menuju gedung Cengkih, ada salah satu pendatang baru yang langsung mendapat atensi publik.

Adalah Syerly Adelyn Sompotan atau SAS. ‘Modal’ SAS menuju kursi DPRD Sulut tidak perlu diragukan lagi. Pengalaman dalam politik dan dunia birokrat membuat pemilik nomor 5 daftar caleg Partai Golongan Karya (Golkar) provinsi ini, mumpuni. Dia memiliki massa militan yang tersebar di Kota Tomohon.

“Memang untuk dapil Minahasa Tomohon bisa disebut sebagai barometer politik persaingan caleg khusus di level provinsi. Apalagi saat ini, banyak politisi hingga mantan birokrat hebat di situ. Saya kira, persaingannya akan menjadi sangat ketat,” terang Danny Sumual, pengamat politik Minahasa, Jumat (01/13/23).

Terkait sosok SAS, sepengetahuan dia, memiliki banyak pendukung fanatik di Kota Tomohon. Namun, untuk ke DPRD Sulut, mantan wakil walikota itu diharapkan, bisa menggalang dukungan hingga ke tanah Malesung, Minahasa.

“Beliau sudah dikenal banyak masyarakat. Tinggal bagaimana sepak terjang ibu SAS di luar Tomohon ke depannya. Saya juga melihat kehadirannya di pentas politik daerah sangat diperhitungkan,” tuturnya.

“Tentu beliau punya peluang besar untuk meraup dukungan di Dapil 6 ini, asalkan kerja keras. Ya, karena caleg yang ada juga dipastikan tidak akan diam saja. Semua bakal kerja keras meraup simpati dan dukungan masyarakat,” lugasnya.

Seperti diketahui, SAS merupakan mantan wakil walikota Tomohon. Selain itu, dia juga merupakan pimpinan berbagai organisasi sosial dan kemasyarakatan.

Figur SAS dikenal luas karena kedekatannya dengan semua kalangan masyarakat. Tahun depan, SAS ‘datang’ kembali bertarung untuk berebut kursi di DPRD Sulut dari Dapil 6 Minahasa-Tomohon.(*)