Tomohon,- Meski baru melewati Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg), isu Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tomohon sudah hangat diperbincangkan.

Sederet figur sudah bermunculan, baik dari partai maupun sosok yang disebut-sebut akan maju lewat jalur independen.

Partai Golongan Karya (Golkar) contohnya. Sebagai salah satu partai yang boleh mengusung calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang, tentunya akan mengusung calon.

Beberapa kader sudah diperintahkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk melakukan sosialisasi sebagai kandidat calon Wali Kota Tomohon

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP mengatakan, para kader partai besutan Airlangga Hartarto ini merindukan kepemimpinan Partai Golkar di Kota Bunga.

”Masyarakat pasti menilai kondisi Tomohon saat dipimpin oleh Partai Golkar yang senantiasa mengedepankan hak-hak dan kepentingan rakyat tanpa pilih kasih. Oleh karen itu, jajaran kader, pengurus dan seluruh komponen Partai Golkar di Kota Tomohon harus solid,” kata Nita sapaan akrabnya didampingu sekretaris Stenly Lasut dan Bendahara Gerard Jonas Lapian SE MAP.

Untuk pencalonan pada Pilkada Tomohon nanti, lanjut Nita, ada mekanisme dan aturan dari Partai Golkar.

Seperti apa yang ditetapkan, kata dia, menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). “Apakah akan mengusung pasangan sendiri, berkoalisi, serta siapa saja yang akan dicalonkan,” bebernya.

”Yang pasti, ada mekanisme survey bagi para kader yang akan dicalonkan oleh partai,” kata isteri Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP Anggota DPD RI/MPR RI.

DPP Partai Golkar sendiri, melalui Ketua Umum Airlangga Hartarto telah menugaskan sedikitnya 1.040 kadernya di seluruh Indonesia, untuk bersosialisasi menghadapi Pilkada 27 November 2024 termasuk di Kota Tomohon.

Ada 4 kader terbaik yang ditugaskan di Kota Tomohon termasuk Ketua DPD II Ir Miky Junita Linda Wenur MAP, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE.

Selain itu, ada nama Mantan Calon Walikota Tomohon Pilkada 2020 Jilly Gabriella Eman SE MM, serta Mantan Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.