Tomohon,- Nama Jilly Gabriella Eman SE MM (JGE), digadang-gadang untuk maju bertarung, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon November 2024 mendatang.

Dia, baru-baru ini maju dalam Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, lewat Partai Golongan Karya (Golkar).

Pada pemungutan dan perhitungan suara, 14 Februari 2024 lalu, Ia berhasil mendapatkan 2.205 suara, di Daerah Pemilihan (Dapil) Tomohon I, yang meliputi Kecamatan Tomohon Tengah dan Timur.

Perolehan suara yang signifikan itu pun memastikan JGE, terpilih sebagai wakil rakyat dan melenggang mulus ke DPRD Tomohon nanti.

Selain itu, suara yang diraih Jilly Gabriella Eman tersebut, adalah yang tertinggi diantara 25 Caleg yang diusung Partai Golkar Tomohon.

Reaksi positif terhadap dukungan ribuan masyarakat di Dapil I, terhadap JGE pada Pilcaleg 2024 itu pun berdatangan. Seperti diungkapkan generasi muda Tomohon, Arter Moningka.

JGE Layak Bertarung di Pilkada Tomohon 2024

Ia menilai, JGE layak untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tomohon 27 November 2024 mendatang. “Melihat dukungan yang ada pada Pileg baru-baru ini, adalah modal kuat Jilly Eman untuk maju bertarung pada Pilkada Tomohon 2024,” ujar Arter.

“Untuk internal Golkar, pasti melihat itu. Dari kader-kader terbaik yang maju di Pilcaleg ini, ia meraih suara terbanyak,” bebernya.

Sebagai generasi muda Tomohon, kata dia, tentu memberikan dukungan terhadap Jilly untuk maju di Pilwako Tomohon.

“Harus ada keterwakilan anak muda di pemerintahan. Tentu akan memberikan ide-ide cemerlang untuk kemajuan Kota Tomohon,” tandas Kader KNPI Tomohon itu.

Sementara, Jilly Eman mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih terhadap masyarakat yang sudah mendukungnya pada Pilcaleg 2024. “Banyak terimakasih untuk dukungannya,” ucap Gebby sapaan akrabnya.

Kata Jilly, untuk saat ini dirinya masih fokus menunggu hasil Pileg 2024 yang masih berproses di KPU. “Pileg masih berproses, belum ada penetapan,” jelas JGE.

Terkait kontelasi politik yang ada saat ini di Kota Tomohon, Gebby mengatakan, banyak figur yang tentunya ingin maju dan bertarung pada Pilkada Tomohon.

“Tapi, bagi saya politik itu harus bermuara pada kesejahteraan banyak orang. Prosesnya harus di jalankan dengan mengedepankan kasih dan keberpihakan pada rakyat,” pungkasnya.

Daftar Perolehan Suara Caleg Golkar Tomohon Terpilih

  1. Jilly Gabriela Eman (2.205 suara)
  2. Djemmy Jerry Sundah (1.934 suara)
  3. Gerard Jonas Lapian (1.690 suara)
  4. Donald Pondaag (1.672 suara)
  5. Toar Marten Polakitan (1.463 suara)
  6. Joice Fanda Poluan (851 suara)
  7. Feybie Vonie Simbar (823 suara)

Profil Jilly Gabriella Eman

Jilly Gabriella Eman adalah wanita kelahiran Tomohon 9 Oktober 1990. Ayahnya merupakan Walikota Tomohon, periode 2011-2016 dan 2016-2021, Jimmy Feidie Eman SE.Ak MAP dan Ibunya yakni Lilyana Mokoginta.

Ia mempunyai dua saudara kandung yakni Christo Bless Eman yang saat ini duduk di kursi DPRD Tomohon dan Monica Eman.

Kesehariannya, JGE adalah seorang pengusaha muda di Kota Tomohon. Sebagai generasi muda yang mapan, JGE pun dinikahi seorang pengusaha bernama Lucius Gerry Santoso.

Dari hasil perkawinannya, Jilly dikaruniai seoarang seorang putri dan dinamakan Christal Grace Eman Santoso. Bersama keluarganya, ia kini berdomisili di Kelurahan Paslaten 2, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon.

Sebelumnya, Jilly Eman pernah maju bertarung pada Pilkada Tomohon 2020 lalu. Ia berpasangan dengan Virgie Baker, melawan pasangan Caroll Senduk dan Wenny Lumentut serta pasangan independen.

Pada pertarungan itu, keberuntungan belum berasa di pihak Jilly. Mereka hanya mendapatkan 23.000 lebih suara. Sedangkan lawannya mendapatkan 43.000 sekian.

Pendidikan Jilly Eman

Selanjutnya, sebagai generasi muda di Kota Tomohon, bagi Jilly pendidikan adalah yang utama. Ia merupakan jebolan Sarjana di International Bisnis Administration (IBA) Unsrat dan Magister di International Manajemen Bina Nusantara Jakarta.

Sementara, semasa SD, SMP dan SMA, Jilly menimba ilmu di Kota Tomohon, sekolah yang dinaungi Yayasan Pendidikan Lokon.

Organisasi Jilly Gabriella Eman

Dalam kehidupan sehari-hari, Jilly Gabriella Eman merupakan sosok yang suka berorganisasi. Baik organisasi gereja, kepemudaan hingga dalam organisasi Partai Politik ia naungi.

Di organisasi partai, ia pernah menduduki jabatan strategis. Dan hingga saat ini masih tercatat sebagai Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Sulut. Jabatan itu ia emban sejak 2018 lalu.

Sedangkan dalam organisasi kepemudaan, Gebby adalah Ketua Karang Taruna Kota Tomohon

Periode Thn 2019 hingga saat ini. Ia juga sebagai  Ketua DPD AMPI Kota Tomohon Periode Thn 2020 dan sampai saat ini masih aktif.

Pada organisasi gereja, Jilly Eman juga aktif dalam pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). Sampai saat ini, ia adalah Penatua di Jemaat GMIM Wilken Paslaten Tomohon.