Tomohon,- Jilly Gabriella Eman SE MM (JGE), adalah sosok politisi muda Kota Tomohon. Ia disebut-sebut layak maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tomohon 27 November 2024 mendatang.

Alasannya, Jilly mampu merebut 23.495 suara pada Pilwako Tomohon 2020. Dia pun dinilai mampu menyaingi petahana yakni Caroll Senduk.

Tak hanya itu, JGE baru-baru ini maju pada Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg). Dari 25 Caleg yang diusung Partai Golkar Tomohon, ia mendapat suara terbanyak.

Profil Jilly Gabriella Eman

Jilly Eman merupakan wanita kelahiran Tomohon 9 Oktober 1990. Orangtuanya adalah Walikota Tomohon, periode 2011-2016 dan 2016-2021, Jimmy Feidie Eman SE.Ak MAP dan Ibunya yakni Lilyana Mokoginta.

Ia mempunyai dua saudara kandung yakni Christo Bless Eman yang saat ini duduk di kursi DPRD Tomohon dan Monica Eman.

Kesehariannya, JGE adalah seorang pengusaha muda di Kota Tomohon. Dinikahi lelaki bernama Lucius Gerry Santoso, Jilly dikaruniai anak perempuan yang beri nama Christal Grace Eman Santoso.

Bersama keluarga, ia kini berdomisili di Kelurahan Paslaten 2, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon.

Karir Politik Jilly Eman

Dalam dunia Politik, meski masih muda Jilly Eman merupakan figur yang sudah berpengalaman. Ia pernah maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tomohon 2020 berpasangan dengan wakilnya Virgie Baker.

Meski belum merebut kemenangan, namun ia mendapatkan dukungan suara yang cukup signifikan. Jilly meraup 23.000 lebih suara saat melawan politisi senior Caroll Senduk dan Wenny Lumentut.

Perjalanan politik seorang JGE pun tak sampai di situ. Pada Pilcaleg 2024 baru-baru ini, ia maju mencalonkan diri di Dapil I Tomohon yang meliputi Kecamatan Tomohon Tengah dan Timur.

Ia pun berhasil terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon periode 2024-2029. Selain itu, 2.205 suara yang ia dapatkan adalah tertinggi dari 25 Caleg Golkar Tomohon.

Pendidikan JGE

Sebagai generasi muda di Kota Tomohon, bagi Jilly pendidikan adalah yang utama. Ia merupakan jebolan Sarjana di International Bisnis Administration (IBA) Unsrat dan Magister di International Manajemen Bina Nusantara Jakarta.

Organisasi

Dalam kehidupan sehari-hari, Jilly Gabriella Eman merupakan sosok yang suka berorganisasi. Baik organisasi gereja, kepemudaan hingga organisasi Partai Politik ia geluti.

Di organisasi partai, ia pernah menduduki jabatan strategis. Hingga saat ini, Jilly Gabriella  Eman masih tercatat sebagai Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Sulut. Jabatan itu ia emban sejak 2018 lalu.

Ia juga sebagai Ketua DPD AMPI Kota Tomohon Periode Thn 2020 dan sampai saat ini masih aktif.

Sedangkan dalam organisasi kepemudaan, Gebby adalah Ketua Karang Taruna Kota Tomohon Periode Thn 2019 hingga sekarang.

Pada organisasi gereja, Jilly Eman juga aktif dalam pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). Saat ini, ia adalah Penatua di Jemaat GMIM Wilken Paslaten Tomohon.