Sulut,- Langkah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menuju kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara (Sulut) 2024, kian terang benderang. Teranyar, ‘restu’ partai pengusung jargon restorasi Indonesia itu mengarah pada Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulut, Dr Viktor Johanes Mailangkay atau VJM.

Hal itu diperkuat dengan digelontorkannya Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang dikeluarkan tanggal 27 Maret lalu di kantor Nasdem Tower Jakarta. SK ini ditandatangani Surya Paloh selaku Ketua Umum DPP Partai Nasdem. Dalam surat, Paloh menugaskan sesepuh Nasdem Sulut itu untuk mengikuti ajang politik bergengsi bumi Nyiur Melambai yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur sekira bulan November mendatang.

Terkait hal tersebut, VJM saat dikonfirmasi wartawan tak menampik penugasan DPP. “Saya sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sulut mendapat mandat DPP dan pak Surya Paloh sebagai Ketum untuk ditugaskan maju di Pilkada Sulut sebagai calon Wakil Gubernur,” aku Mailangkay, Selasa (23/04/24).

Pun begitu, kata Wakil Ketua DPRD Sulut itu, dia diberi tugas untuk mencari sosok Calon Gubernur yang tepat dan bisa memenangkan pertarungan nanti.

“Sejauh ini memang sudah ada penjajakan bersama dengan beberapa ketua partai di Sulut. Di antaranya, dari Partai Gerindra, Golkar, dan PSI saat bertemu bersama di Jakarta belum lama ini. Namun, hal itu belum secara spesifik menentukan siapa Cagub Sulut,” urainya.

Selanjutnya, terkait rumor sosok Christiany Eugenia Paruntu (CEP) yang dikabarkan berpeluang berpasangan dengannya, Mailangkay pun ikut menimpali. Dia bilang, CEP juga berpeluang namun masih akan dibicarakan di internal partai.

JVM panggilan akrabnya, juga mengatakan memang sudah ada beberapa yang mendekati dirinya untuk dipasangkan pada Pilgub mendatang, “Diantaranya ada mantan Kapolda Sulut Carlo Brix Tewu, juga mulai didengungkan adik kandung Prabowo Subianto Hashim Djojohadikusumo akan dipasangkan,” kunci politisi senior yang dikenal low profile.(*)