MANADO,- Kiprah Olly Dondokambey mendapat pengakuan. Tokoh Nasional sekaligus Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) ini, resmi menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) Bidang Ilmu Manajemen dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Pengukuhan dilakukan dalam Sidang Senat Terbuka Unsrat, Kamis (21/09/23).

Apresiasi pun mengalir deras bagi sosok ‘arsitek’ kemajuan bumi Nyiur Melambai tersebut.

Seperti disampaikan Wakil Walikota (Wawali) Tomohon, Wenny Lumentut SE. Dia bilang, gelar kehormatan yang diperoleh Gubernur Sulut, sangat layak. Itu merujuk prestasi, inovasi, dedikasi dan pengabdian yang sudah dibuktikan Gubernur Olly bagi masyarakat nasional khususnya Sulut.

Selanjutnya, Wenny menyebut, Gubernur Olly menjadi tokoh sentral kemajuan Sulut di berbagai bidang. Gubernur Olly berhasil mengangkat derajat jazirah utara Pulau Selebes di kancah nasional dan internasional.

“Sudah terbukti. Pak Gubernur sukses membangun konektifitas dengan berbagai negara maju sehingga posisi Sulut saat ini menjadi urgen. Begitu juga terobosan Pak Gubernur dalam membangun daerah asalnya. Peran beliau membuat Sulut semakin maju sangat besar,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kini masuk dalam bursa bakal calon DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut.

Lebih jauh, Wenny bilang, Gubernur Olly adalah tokoh pembangunan Sulut. Sebab, hampir dua periode menakhodai Sulut, banyak kemajuan yang dicapai daerah berjulukan Bibir Pacifik ini.

“Makanya, penganugerahan gelar doktor kehormatan yang diraih pak Olly sudah sangat tepat. Kami juga bangga dengan pencapaian beliau. Luar biasa,” lugasnya.

Sebelumnya, Gubernur Olly Dondokambey SE menerima gelar Profesor HC bidang pendidikan dari Wuhu Institute of Technology Cina, Mei lalu. Dengan begitu, gelar Olly Dondokambey menjadi Prof (Hc).Dr (Hc) Olly Dondokambey SE.