TOMOHON, liputankawanua.com — Pertama dilaksanakan di Kota Tomohon, pesta adat Tulude terbilang meriah. Upacara adat yang diprakarsai oleh Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (Bamukist) Kota Tomohon tersebut dihadiri oleh ribuan warga kepulauan sangihe yang tinggal di Kota Tomohon.

Pesta Adat Tulude Kota Tomohon yang dilaksanakan di Anugerah Hall Tomohon, Kamis (6/2) 2020 ini, mengambil tema ‘Masembau Su Petatingihe Metatalingu Kekapia Lumempang Sengkahindo Mawu Ruata Menintanude’, yang berarti ‘Bersatu Maju Bersama Tuhan Memberkati Kita.

Gelaran adat ini, merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara (kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro) di Propinsi Sulawesi Utara. Upacara ini digelar dalam rangka mensyukuri pemberian Tuhan di Tahun 2019 dan memohon belas kasihan dan penyertaanNya di tahun 2020 ini.

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak CA, yang menghadiri acara tersebut pun nampak menggunakan baju adat Sangihe. “Pelaksanaan upacara Tulude, adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas penyertaan di tahun yang lalu, dan memohon belas kasihan dan penyertaanNya di tahun 2020 ini,” beber Eman saat sambutan.

Melalui perayaan upacara Tulude ini, kata Eman, kita perkuat persatuan dan kesatuan, introspeksi, merestorasi jati diri masyarakat Sangihe dan melestarikan lingkungan hidup, bersama-sama berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Tomohon dan sekitarnya.

“Saya mengajak kepada semuanya untuk kompak dan bersama-sama demi kesejahteraan bersama, tentu dengan mendukung budaya kita agar semakin baik dan maju, masyarakatnya hidup rukun dan damai, meskipun plural dan memiliki potensi yang dioptimalkan,” ungkapnya.

Sementara, ketua panitia Tulude AKP Konstantein Samuri S.Sos mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kita Tomohon yang turut mensupport acara ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. “Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Sangihe, Talaud dan Sitaro di Kota Tomohon, yang sudah turut mengambil bagian dalam kesuksesan acara ini,” tukasnya.

Tampak hadir, Mewakili Gubernur Sulawesi Utara Kepala BPSDM Sulut Dr. Paulus Tamaka M.Si, Kajari Tomohon Immanuel Richendryhot SH MH, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Mewakili Bupati Kepulauan Sangihe Asisten Umum Sekda Kepulauan Sangihe Dra. Olga Makasidamu.

Hadir juga, anggota DPRD Sulut Wenny Lumentut, Ketua Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (Bamukist) Kota Tomohon Frits Tahupia, Sekot Tomohon Ir. Harold V. Lolowang M.Sc, bersama Jajaran  Pemkot Tomohon dan Masyarakat Kepulauan Sangihe yang tinggal di Kota Tomohon.

Editor: Terry Wagiu