MANADO, – Wartawan Senior Almarhum Efradus Semuel Taroreh (77) didaulat sebagai “Tokoh Teladan Pers” Sulawesi Utara (Sulut). Penghargaan itu diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sepak terjang Almarhum Efradus Semuel Taroreh, saat aktif di dunia jurnalistik diketahui banyak berkontribusi terhadap pembangunan di Sulut. Sehingga PWI Pusat pun menilai, Efrata sapaan akrab almarhum layak dihargai.

Penghargaan sebagai Tokoh Teladan Pers itu, diserahkan langsung oleh Ketua PWI Sulut Drs. Voucke Lontaan, kepada istri almarhum, Anna Mamuaja, di sela ibadah pemakaman, Sabtu (16/4/2022), di Kelurahan Talete 1 Kecamatan Tomohon tengah, Kota Tomohon.

Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan saat sambutan mengatakan, almarhum sangat layang dinobatkan sebagai “Tokoh Teladan Pers” di Sulut.

BACA JUGA: Kepedulian Bupati James Sumendap Terhadap Pers Dihargai PWI Sulut

Sebab, kata dia, sepak terjang senior Efradus Semuel Taroreh, baik di Koran Harian Obor Pancasila, Koran Harian Cahaya Siang dan di sejumlah media lainnya sangat memberikan nilai positif.

“Sampai tutup usia, lewat karya tulis almarhum Efradus banyak memberikan kontribusi untuk pembangunan di Sulawesi Utara,” ungkap Voucke.

Bahkan, kata Voucke, semasa hidup dalam berorganisasi di PWI Sulut, Almarhum Efradus juga dikenal sangat baik dengan teman-teman sejawatnya pada waktu itu.

“Beliau sosok pria yang murah senyum dan sangat dekat dengan berbagai kalangan, serta dapat membimbing para jurnalis muda untuk terus berkarya sesuai kode etik jurnalistik,” bebernya.

BACA JUGA: Bersinergi Dengan Pers, PWI Sulut Berikan Penghargaan Kepada Mantan Kapolres Tomohon

Menurut Voucke, kiprah almarhum di dunia jurnalistik ini dikenal sangat familiar bagi wartawan lainnya, baik yang muda maupun yang tua.

“Almarhum menjadi sosok panutan teman-teman wartawan tidak hanya di PWI. Pekerjaannya sebagai jurnalis sudah tidak diragukan lagi. PWI Sulut saat ini kehilangan sosok panutan,” tegas Voucke.

Pihaknya berharap, lewat penghargaan ini dapat memberikan semangat dan motivasi untuk istri terkasih, anak-anak, cucu-cucu dan seluruh keluarga besar almarhum (Taroreh-Mamuaya) yang ditinggalkan oleh Almarhum.

“Selamat jalan senior Efradus Samuel Taroreh,” tukas Voucke didampingi Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon SE M.Si dan Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Adrianus R Pusungunaung.

Keluarga Almarhum Efradus Semuel Taroreh Mengungkapkan Terima Kasih

Sementara, keluarga almarhum Efrata, mengucapkan terima kasih kepada PWI yang sudah memberikan penghargaan.

“Kami keluarga sangat bersyukur, karena PWI masih mengingat karya dari ayah kami saat aktif sebagai wartawan,” singkat putri almarhum Efrata, Joice Taroreh, yang diketahui juga saat ini menjabat sebagai Kadis Perkim Pemkot Tomohon.

Diketahui, penghargaan terhadap Efradus Samuel Taroreh yang meninggal dunia pada, kamis (14/4/2022), masih dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun PWI ke 76 Tahun 2022.

Tampak hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut, Pengurus PWI Kota Tomohon, Sekretaris Terry Wagiu, Bendahara Stevi Tampi dan Wakil Ketua Melky Karwur.