TOMOHON, – Pengurus PWI Kota Tomohon melakukan ziarah di makam sesepuh pers Simon Petrus Goni, di Kelurahan Kakaskasen, Kamis (9/2/2023).

Ziarah itu digelar dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke- 77.

Kesempatan itu, Ketua PWI Tomohon Terry Wagiu mengatakan, ziarah ini sebagai tanda pemberian penghargaan serta mengenang jasa dari sesepuh Pers. 

“Di moment HPN 2022 lalu juga kita ziarah di tempat ini. Kita selalu mengenang jasa para wartawan yang sudah mendahului kita. Tahun ini juga, kita ziarah di makam Pak Spego,” ungkap Terry.

Dikatakan, almarhum adalah teladan dari Persatuan Wartawan Indonesia, baik di Tomohon maupun Sulut. “Sebab sampai Pak Spego tutup usia, dia masih tercatat sebagai penasehat PWI Sulut,” bebernya.

“Tentu, apa yang sudah dilakukan oleh senior Spego terkait profesi kita maupun di PWI, akan selalu kita kenang,” pungkas Terry.

Baca Juga: HPN 2023, PWI Tomohon Ziarah ke Makam Tokoh Teladan Pers Efradus Taroreh

Sementara, istri Spego, yakni Juliana Lapian bersama anak-anak dalam keluarga besar Goni-Lapian mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut.

“Terima kasih masih mengingat apa yang sudah papa buat di PWI. Kami sangat bersyukur itu selalu diingat oleh para wartawan yang ada, baik Tomohon maupun Sulut,” ungkap Lucy Goni putri Spego.

Ia mengungkapkan apresiasi kepada PWI Tomohon yang sudah melakukan ziarah di Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 77.

“Sampai almarhum, kami tau papa selalu bersama PWI. Semoga PWI selalu jaya,” pungkasnya.

Diketahui, selain melakukan ziarah di makam Simon Petrus Goni, PWI Tomohon juga melaksanakan ziarah kepada sesepuh pers yakni, Fredy Roeroe dan Efradus Taroreh.

Di momen HPN 2023 juga, PWI Tomohon berkunjung ke kediaman Wartawan Senior seperti, Phill Sulu dan Adrianus Kojongian.

Tampak hadir, Wakil Ketua PWI Sulut Bidang Kesejahteraan Wartawan Donald Kuhon, Pengurus PWI Sulut bidang Pendidikan Rikson Karundeng, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Tomohon Ivana Palit, Sekretaris PWI Tomohon Melky Karwur, serta pengurus PWI lainnya.