MANADO,- Ir. Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow MAP, (SBAN Liow) sah mendaftar sebagai bakal calon (Balon) Anggota DPD RI, dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut), untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ia menjadi bakal calon DPD RI dapil Sulut yang mendaftar pertama di KPU, dan tepat pada momentum, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, pada Selasa sore (2/05/2023) kemarin.

Berkas pendaftaran sang petahana, Anggota DPD RI kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara itu, kompak diterima lima komisioner KPU Sulut sekira pukul 15.00 Wita.

Usai dinyatakan lengkap, berkas pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPU Sulut, Meidy Yafet Tinangon. “Ini pendaftar calon anggota DPD RI pertama dari Dapil Sulut,” ujar mantan Ketua Minahasa ini.

Menarik, usai mendaftar bakal calon DPD RI Dapil Sulut, Ir Stefanus BAN Liow membeberkan apa yang mendasari dirinya mendaftar tepat pada peringatan Hardiknas.

“Hardiknas adalah momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme, bagi seluruh insan pendidikan di Indonesia, di dalamnya Sulut,” ucap SBAN Liow, didampingi istri tercinta Ir. Miky JL Wenur MAP.

Dilanjutkan, patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. “Sementara nasionalisme adalah perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi,” jelasnya.

Baca juga: SBAN Liow Serahkan Dukungan Minimal Bakal Calon DPD RI Dapil Sulut ke KPUD

Seiring dengan kemajuan pembangunan infrastruktur, bakal calon DPD RI Dapil Sulut itu melanjutkan, harus disertai dengan perhatian dan kepedulian untuk kualitas pendidikan secara khusus.

“Sumber daya manusia secara umum yang lebih baik dan tinggi, mewujudkan daerah sejahtera dan Indonesia menjadi negara maju,” beber Stefa.

Soal motivasi pencalonannya kembali sebagai Anggota DPD RI, SBAN Liow menegaskan, untuk melanjutkan tekad dan komitmen melayani dan mengabdi, tanpa batas serta menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah (masyarakat) pusat–daerah.

“Saya mengajak segenap lapisan masyarakat Sulut, untuk bersama-sama berjuang dengan menopang setiap upayanya dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat Indonesia dan Sulut,” pungkas Calon DPD RI tersebut.