banner 728x90

Cetak Sejarah Lolos ke Final, Wenny Lumentut Support Keke Tomohon di Olimpiade Tokyo 2020

Cetak Sejarah Lolos ke Final, Wenny Lumentut Support Keke Tomohon di Olimpiade Tokyo 2020
Cetak Sejarah Lolos ke Final, Wenny Lumentut Support Keke Tomohon di Olimpiade Tokyo 2020

TOMOHON, – Perjuangan Keke Tomohon, Greysia Polii bersama pasangannya Apriani Rahayu pada pertandingan Bulutangkis ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020 mendapatkan dukungan dari Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE.

Support tersebut diungkapkan Wenny usai Pasangan ganda putri terbaik Indonesia berhasil maju ke babak final setelah mengalahkan pasangan ganda dari Korea Selatan Shin Seung Chan/Lee So Hee dengan dua gim, 21-19 dan 21-17.

“Luar biasa, ini pertama kalinya sepanjang keikutsertaan Indonesia di Olimpiade, pasangan ganda putri masuk final. Dan sejarah ini di cetak oleh Greysia yang merupakan Putri asli Kota Tomohon bersama pasangannya,” ungkap Wenny.

Menurutnya, masyarakat Kota Tomohon harus bangga dengan apa yang sudah dicapai Greysia yang diketahui merupakan putri asal Kelurahan Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara tersebut.

“Sebagai warga kawanua dari Greys, mari kita doakan dia bersama pasangannya supaya boleh menang di final dan bawah pulang medali emas,” ucapnya.

Wenny mengucapkan selamat berjuang ke Greysia, yang pada final nanti akan meladeni pasangan Korea, Kong Hee-yong/Kim So-yeong atau Jia Yifan/Chen Qingchen dari China.

“Sebuah kebanggaan besar, keke Tomohon boleh membawa nama harum Indonesia di kanca Internasional,” tukas Wenny.

Diketahui, pada pertandingan semifinal, pertarungan berlangsung ketat, Ganda Korsel selalu memimpin perolehan angka di gim pertama maupun gim kedua. Tapi pasangan Greysia/Apriani mampu bangkit dan berhasil membalikan keadaan.

Awal gim pertama, pasangan kombinasi senior junior ini bahkan sempat ketinggalan angka 3-5 dan 6-9 dan ganda Korsel menutup interval gim pertama 11-8.

Memasuki interval kedua, Greysia/Apriani tampil lebih baik dan menyamakan poin 11-11. Kejar mengejar angka pun terjadi, mulai dari 14-14, 18-18 dan 19-19. Namun Greysia/Apriani berhasil menutup set pertama dengan 21-19.

Gim kedua pun tak kalah seru. Kedua pasangan yang sudah bertemu tujuh kali sebelum lagi ini, tampil all out.

Hal ini terlihat ketatnya skor, mulai dari 4-4, 5-5. Interval gim kedua, pasangan Korsel peringkat empat BWF berhasil unggul 11-9. Saling mengejar angka pun terjadi dari poin 12-12, 14-14, 16-16. Kemudian ganda Indonesia menjauh dengan skor 19-16 dan akhirnya ditutup oleh kemenangan 21-17.

Hasil ini membawa Keke asal Tomohon Greysia Polii maju ke Final bersama Apriani Rahayu. Capaian ini merupakan sejarah ganda putri Indonesia yang masuk Final Olimpiade. Semenjak pagelaran olimpiade, ganda putri Indonesia hanya mampu sampai babak perempat final.

Penulis: Terry Wagiu