Politik dan Pemerintahan

Di Perkebunan Pahkonta’an Tumatangtang Satu, Caroll Senduk Kukuhkan 3 Poktan

Di Perkebunan Pahkonta'an Tumatangtang Satu, Caroll Senduk Kukuhkan 3 Poktan
Foto: Walikota Tomohon, Caroll Senduk mengukuhkan Tiga Poktan di Kelurahan Tumatangtang Satu. Tampak Camat Tomohon Selatan Stenly Caroll Mokorimban mendampingi Walikota

TOMOHON, – Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH mengukuhkan tiga Kelompok Tani (Poktan) di Perkebunan Pahkonta’an, Kelurahan Tumatangtang Satu, Kecamatan Tomohon Selatan, Jumat (28/6/2021).

Tiga Poktan yang dikukuhkan yakni, Banteng Vicktory, Milenial Batamang dan Kenaikan Kelas Kelompok Tani Alfa Omega.

Usai pengukuhan Caroll mengungkapkan, pertanian di Kota Tomohon menjadi andalan perekonomian di provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya. “Oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dan merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” kata Caroll.

”Hal ini sesuai dengan visi Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dengan Misi memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Dia (Caroll-red) berharap, dengan adanya kelompok-kelompok tani ini, secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon. ”Sehingga kemajuan perekonomian Kota Tomohon khususnya Kelurahan Tumatangtang dapat semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat,” ucapnya.

Dikatakannya, dalam kepengurusan kelompok tani, agar memahami arah dan tujuan terbentuknya kelompok, diantaranya lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya. ”Jalankan fungsi utama sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi pertanian untuk kehidupan yang lebih baik,” pintanya.

”Kelompok tani saat ini harus menanamkan filosofi berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah. Serta mengolah dan memberdayaakan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan,” ujar Caroll.

Sehingga, lanjut dia, kelompok tani Banteng Victory, kelompok tani Alfa Omega dan kelompok tani Millenial Batamang benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran. ”Karena itu dalam meningkatkan pertanian, kita diharapkan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon serta pihak-pihak terkait lainnya,” ucapnya.

”Saya mengapresiasi kaum millenial yang punya rasa keterpanggilan untuk mengambil bagian dalam kemajuan perekonomian Kota Tomohon dalam bidang pertanian,” ungkap Caroll.

Walikota mengajak masyarakat manfaatkan sumber daya alam di sekitar dengan mengolah dan mengunakan pupuk organik bokasi untuk keamanan pangan di daerah kita sendiri, pembuatan pupuk organik diupayakan untuk dapat di buat di seluruh Kecamatan se Kota Tomohon. ”Saya menganjurkan kepada petani agar memanfaatkan pupuk organik, yang bahan bakunya ada di sekitar kita, hal ini untuk keamanan pangan,” ajaknya.

”Saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan mekanisasi alat-alat pertanian pemerintah Kota Tomohon, karena itu semua untuk menunjang dan memudahkan para petani dalam mengelola lahannya,” tukas Caroll.

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene DEA, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP, Camat Tomohon Selatan Stenly Caroll Mokorimban SH, serta Anggota Kelompak Tani yang dikukuhkan.***

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top