banner 728x90

TIFF ke 10 Mulai Dipersiapkan, 13 Mei Dilaunching

TIFF ke 10 Mulai Dipersiapkan, 13 Mei Dilaunching
Suasana pelaksanaan rapat persiapan TIFF ke 10 Tahun 2022

TOMOHON, – Setelah tertunda selama 2 Tahun lantaran pandemi Covid-19, akhirnya Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke 10 dipastikan terlaksana di Tahun 2022 ini.

Event Internasional yang dilaksanakan setiap bulan Agustus di Kota Tomohon tersebut, mulai dipersiapkan oleh Panitia TIFF ke 10, Vonny Pangemanan Cs yang dipercayakan sebagai Ketua.

Hal itu nampak saat panitia menggelar rapat persiapan bersama Walikota Tomohon, Caroll J A Senduk SH, Senin (9/5/2022), di Ruang Rapat lantai 3 Setda Kota Tomohon.

Dalam rapat itu, panitia membahas langkah-langkah strategis persiapan pelaksanaan TIFF 2022. Diantaranya pembagian tugas panitia inti dan tiap seksi dalam kepanitiaan, event-event yang akan dilaksanakan.

Kali ini, TIFF ke 10 Tahun 2022 mengusung Tema “Tomohon Greets the World”. Pelaksanaannya 8-14 Agustus 2022. Rute untuk Turnamen Of Flower (TOF) di jalan utama Kota Tomohon. Dan TIFF ke 10 Tahun 2022 ini, akan dilaunching pada tanggal 13 Mei 2022.

Sebelumnya, Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH, mengatakan TIFF ke 10 Tahun 2022 siap dilaksanakan. Caroll berharap, Panitia yang sudah dilantik mampu mengemban amanah dengan baik. Menjadikan warga sejahtera lewat pariwisata, lebih khusus petani bunga.

“Saya ingin event ini tak sekedar seremonial belaka. Tapi memberikan dampak pada peningkatan taraf hidup seluruh masyarakat Kota Tomohon,” ungkap Caroll Senduk, pada pelantikan Panitia TIFF Tahun 2022, di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (14/4/2022) lalu.

BACA JUGA: Direksi PDAM Tomohon Dirombak, Caroll Senduk Percayakan Adrian Ngenget Sebagai Direktur

Sebelumnya juga, Ketua Umum TIFF Tahun 2022 Vonny Pangemanan kepada wartawan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi para petani bunga lokal.

Sehingga, kata Vonny, ada multiplier effect yang ditimbulkan lewat pelaksanaan event dunia milik Kota Sejuk Tomohon ini. “Pastinya, menjamin penggunaan bunga-bunga yang ditanam oleh petani lokal. Ini komitmen kita. Penggunaan bunga impor saya pastikan tidak ada,” ucapnya.

Dikatakan, TIFF bukan sekedar mempromosikan pariwisata saja. Tapi, kata dia, wajib memberikan dampak bagi petani bunga.

“Tomohon Kota Bunga, seharusnya bisa mengakomodir kebutuhan bunga. Masyarakat Kota Tomohon harus membudidayakan dan membudayakan bunga,” ujar Vonny.

Panitia Batasi Peserta TIFF ke 10 Tahun 2022

Meski kondisi daerah saat ini masih dirundung Pandemi Covid-19, namun teknis pelaksanaan kegiatan nantinya peserta akan dibatasi. Secara tidak langsung, Vonny menjelaskan, itu mengurangi nilai dan kualitas event, yang nantinya diharapkan diikuti sejumlah perwakilan negara-negara lain.

“Ada pembatasan float, untuk TOF di tanggal 8 Agustus nanti. Kita hanya batasi 15 Float. Tapi sangat maksimal, yang ikut benar-benar berpotensi dan siap berkolaborasi dengan dekorator-dekorator lokal,” terang Vonny, sembari menambahkan untuk tagline pelaksanaan TIFF Tahun 2022 adalah Come and Shine in The Wonderful Land (CS-WL).

Diketahui, rapat persiapan TIFF 2022 tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Panitia TIFF 2022 Vonny Pangemanan bersama Sekretaris daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, yang merupakan Ketua Harian Panitia TIFF 2022.

Hadir juga, Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon lainnya yang masuk dalam unsur panitia.