TOMOHON, liputankawanua.com — DPRD Kota Tomohon menggelar Rapat Kerja Komisi III DPRD Kota Tomohon dengan Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Tomohon bersama para kepala sekolah yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kota Tomohon, (4/3) 2020.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III Ir. Miky J.L Wenur, MAP di damping oleh Wakil Ketua Komisi III Drs. Johny Runtuwene, sekretaris Christo B. Eman, SE dan anggota Siane Samatara, SE.

Wenur pada kesempatan tersebut mengatakan, tujuan pertemuan ini adalah mendapatkan informasi mengenai system pembelajaran dan kendala-kendala yang dihadapi. “Ini juga diharapkan adanya penjelasan terkait dengan dana BOS karena dalam dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat waktu yang lalu menanyakan tentang hal itu dan juga tentang sertifikasi guru yang katanya terkendala pemberian rekomendasi dari dinas serta Informasi terkait beasiswa di tahun 2020 apakah sudah terealisasi,” ungkap mantan Ketua DPRD Tomohon tersebut.

Ditambahkan, kaitan dengan Perekrutan Tenaga Operator, yang sudah di anggarkan dalam APBD di Dinas Pendidikan segera harus di cek oleh pihaknya, serta ada usulan menyangkut fasilitas belajar mengajar kaitan dengan perangkat computer yang masih sangat dibutuhkan. “Kami menyarankan jika bisa sebagian Dana BOS dipergunakan untuk pengadaan perangkat computer tersebut,” pintah Wenur.

Untuk Kebudayaan, lanjut dia, diusulkan supaya ada pembentukan Lembaga Adat di kelurahan, agar dibuat Perda Lembaga Adat.  “Ada juga usulan untuk mengembalikan Kota Tomohon menjadi Kota Pendidikan serta usul dari tokoh masyarakat juga supaya ada Beasiswa untuk para mahasiswa. Usulan-usulan ini kami dapat dari hasil pertemuan kami dengan tokoh-tokoh masyarakat waktu lalu,” tukasnya.

Sementara, Kadis Pendidikan DR. Dolvin Karwur menjelaskan, terkait BOS, Laporan penggunaan dana bos tahun 2019 sudah dilaporkan dan ada 13 kegiatan yang dapat ditunjang dengan dana BOS. “Terkait sertifikasi tidak menggunakan rekom dinas,” ucapnya.

Dalam rapat ini juga Dikbud menyerahkan Juknis Penggunaan dana BOS tahun 2020 ke komisis III DPRD kota Tomohon.
Tampak hadir dalam rapat ini jajaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Tomohon serta seluruh Kepala Sekolah se- Kota Tomohon.

Penulis: Terry Wagiu