Penulis : Yaziin Solichin

MANADO,- Nawawi Pomolango resmi memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sederet harapan disematkan di pundak putra terbaik bumi Nyiur Melambai ini, dalam upaya pemberantasan korupsi.

Asa besar itu juga dikemukakan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rakyat Anti Korupsi (RAKO), Harianto, Selasa (28/11/23).

Di tangan Pomolango, Harianto mengaku optimis gerak pemberantasan korupsi di Tanah Air, kian kencang. Dia juga mengapresiasi komitmen jebolan Fakultas Hukum (FH) Unsrat itu, dalam mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Pertama, ucapan selamat dari LSM RAKO kepada Ketua KPK Nawawi Pomolango. Tentu saja, sebagai warga Sulawesi Utara bangga dengan dilantiknya beliau sebagai Ketua KPK sementara, apalagi pak Nawawi merupakan bagian dari bumi Nyiur Melambai,” ujar Harianto saat berdiskusi dengan wartawan liputankawanua.com.

Meski begitu, Harianto berharap, setelah dilantik Ketua KPK harus segera ‘action’ melakukan upaya-upaya pemberantasan korupsi. Itu merujuk banyaknya laporan terkait dugaan tindak pidana korupsi baik di level daerah maupun pusat. Apalagi, kata dia, kasus yang susah memiliki alat bukti.

“Ini menjadi harapan kami bahkan seluruh masyarakat Indonesia. Ketua KPK sementara, harus segera menindak lanjuti laporan- laporan yang sudah punya alat bukti. Secara umum, pak Nawawi Pomolango diharapkan membawa KPK kembali ke tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan memberangus tindak pidana korupsi,” koarnya.

Salah satunya, Harianto menyebut, laporan dugaan korupsi pembangunan Pasar Bersehati Manado dan dugaan korupsi pembangunan rumah ibadah atau mentalitas Pancasila di Universitas Negeri Manado (Unima).

“KPK RI memiliki PR soal laporan yang kami berikan langsung ke mantan Ketua KPK RI bapak Firli sewaktu ke Manado. Saya berharap itu bisa ditindaklanjuti,” seru pegiat antikorupsi yang dikenal vokal tersebut.

“Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi ketua KPK RI yang baru, dan sebagai pegiat kami sangat berharap kerja nyata dalam mengawal pembangunan bapak Presiden Republik Indonesia untuk menuju Indonesia Maju,” lugas Harianto sembari menyatakan dukungan penuh terhadap Nawawi Pomolango dan KPK dalam menuntaskan setiap kasus rasuah di tanah Nusantara.(*)