Tomohon,- Ribuan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kota Tomohon dilantik hari ini, Kamis (25/1/2024), di 44 Kelurahan yang ada.

Ketua KPU Tomohon, Albertien Grace Vierna Pijoh kepada wartawan liputankawanua.com menerangkan, pelantikan tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Hari ini telah dilantik 2.107 KPPS, untuk 301 TPS se Kota Tomohon, yang dilantik serentak bersama dengan 5 juta KPPS se Indonesia,” beber Vierna, usai kegiatan.

Ia berharap, sesuai dengan sumpah dan janji anggota KPPS dalam pelantikan, bahwa mereka akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, penuh dedikasi, patuh atas amanah undang-undang yang teremban.

KPPS, kata dia, adalah ujung tombak penyelenggara Pemilu 2024, yang menjalankan tugas negara maha penting ini. “Jaga netralitas, integritas dan kepercayaan yang sudah kami berikan,” pintanya.

Ia melanjutkan, untuk perekrutan KPPS ini telah dilaksanakan melalui seleksi secara terbuka dan partisipatif, dengan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi tanggapan atas nama-nama yang terpilih. “Untuk itu, jaga kepercayaan publik ini,” tegasnya.

Dalam rangkaian kegiatan pelantikan KPPS itu, Vierna mengatakan, juga dilaksanakan penanaman pohon serentak oleh semua anggota KPPS di perkebunan Kelurahan Kakaskasen, Tomohon Utara.

Penanaman pohon.

“Ini adalah wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa dan terima kasih kepada bumi, serta upaya reboisasi oleh KPU terhadap pohon yang menjadi sumber alam pembuatan kertas suara untuk pemilu 2024,” pungkasnya.

Penanaman pohon oleh KPPS diikuti lurah dan PPS Kakaskasen, PPK Tomohon Utara dan Ketua KPU Tomohon. Hadir juga Komisioner KPU Provinsi Sulut, Meidy Tinangon.