banner 728x90

Peringati HPN 2022, Stefanus Liow Ajak Pers Jaga Integritas dan Perkuat Jati Diri

Peringati HPN 2022, Stefanus Liow Ajak Pers Jaga Integritas dan Perkuat Jati Diri
Anggota DPD-RI, Ir. Stefanus Liow MAP

MANADO, – Anggota DPD-RI, Ir Stefanus Liow MAP, mengajak insan pers untuk terus menjaga integritas dan memperkuat jati diri sebagai pewarta.

Hal itu diungkapkan pria bernama lengkap Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow (SBAN Liow) itu, dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dirangkaikan dengan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-76 diperingati setiap tahun.

Stefanus Liow mengungkapkan, HPN sendiri merupakan momentum untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

“Jati diri, integritas dan citra pers baik insani maupun wadah berhimpun harus dijaga seiring maju pesatnya perkembangan digital saat ini,” ungkapnya.

Selain tantangan digital, kata dia, perlu diperhatikan juga bagaimana Pers dapat melahirkan serta menegakkan jurnalisme yang berkualitas, baik secara industri maupun komersialisasi.

“Ditambah lagi tuntutan pers yang harus beradaptasi dengan akselerasi teknologi informasi dan komunikasi, membuat pers mengalami kecanggungan,” bebernya.

Stefanus Liow menjelaskan, HPN telah menjadi ajang silaturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya, serta bangsa Indonesia pada umumnya. “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia,” ucapnya.

“Apa lagi, landasan ideal HPN adalah sinergi. Sinergi antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul umbul) yang membentuk huruf HPN,” jelas salah satu penasehat PWI Sulut itu.

Baca Juga: Masalah dan Usulan Rakyat Sulut Oleh Senator Stefanus Liow Ditanggapi Menteri LHK

Dia (Stefanus Liow-red) berharap, terobosan-terobosan melalui sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pers dan HUT PWI ke-76, dapat menunjukan perhatian dan kepedulian kepada sesama insan pers di Indonesia.

“Selamat Hari Pers Nasional 2022, 9 Februari 2022, Semoga insan pers Indonesia dapat terus menyajikan informasi terpercaya dan berkualitas. Sehingga, dapat mempersatukan dan mencerdaskan bangsa,” tukas suami tercinta mantan Ketua DPRD Tomohon, Ir Miky JL Wenur MAP tersebut.

Diketahui, HPN 2022, kegiatannya dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan tema “Sultra Jaya Indonesia Maju”.

Menurut sejarahnya, Hari Pers Nasional ditetapkan berdasarkan hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia.

Karenanya, peringatan HPN di tahun 2022 ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI yang ke-76 di tanggal 9 Februari 2022.