TOKOH,- Senator Ir. Stefanus Liow MAP, kembali maju sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI).

Nama Stefa keluar dalam Daftar Calon Tetap (DCT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia saat ini masih aktif sebagai Anggota DPD-RI. Dari fakta yang ada, berbagai kepentingan masyarakat sudah ia perjuangkan di Gedung Nusantara.

Sehingga, Stefanus Liow dijadikan sosok calon DPD-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut, kebanggaan rakyat Provinsi berjuluk Nyiur Melambai tersebut.

Berikut Profil Stefanus Liow

Sosok Stefanus Liow adalah pria bernama lengkap Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow MAP. Ia akrab dipanggil Stefanus BAN Liow, SBAN Liow atau Stefa.

BACA JUGA: Stefanus Liow Calon DPD RI Dapil Sulut Mendaftar di Momen Hardiknas

Ia lahir dan tumbuh dari lingkungan yang dekat dengan hati masyarakat di Sulawesi Utara. Selain itu, ia juga sangat dekat dengan para wartawan di Sulut.

Perjalanan hidupnya dimulai dari keterlibatan di organisasi kepemudaan. Seperti Karang Taruna, GMKI, dan GAMKI, hingga melibatkan diri di dunia kemahasiswaan dengan Himaju, Mapala, dan SMPT.

Dedikasinya pun terus berlanjut dalam kepelayanan gereja. Terutama, dalam Komisi Pria/Kaum Bapa (P/KB) Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) di berbagai tingkatan, mulai dari jemaat hingga tingkat sinode.

Panji Yosua

Senator Stefanus Liow tidak hanya sekadar tokoh di Sulut, tetapi juga merupakan penggagas utama dan pendiri Panji Yosua P/KB GMIM.

BACA JUGA: Masalah dan Usulan Rakyat Sulut Oleh Senator Stefanus Liow Ditanggapi Menteri LHK

Ia juga turut serta dalam inisiasi pembentukan Forum Komunikasi Kaum Bapak PGI. Itu pun, menunjukkan peran strategisnya dalam memajukan dialog inklusif.

2 Periode Sekretaris PKB Sinode GMIM

Pengalaman Senator SBAN Liow, termasuk dua periode sebagai Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM (2005-2010 dan 2010-2014).

Ia kemudian terpilih sebagai Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM pada periode 2014-2018.

Selanjutnya, secara ex-officio sebagai anggota BPMS GMIM periode 2014-2018, ia banyak memberikan ide-ide untuk kemajuan dalam pelayanan untuk Jemaat GMIM.

Lebih lanjut, dibawa kepemimpinan Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM, Pnt Ir Maurits Mantiri MM, Senator SBANL kini menjadi Penasehat P/KB Sinode GMIM dan Penasehat Panji Yosua Sinode GMIM.

Bersama isterinya, Ir. Miky Junita Linda Wenur MAP, mereka berkomitmen untuk melayani tanpa batas perbedaan, menjadikan perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang mempersatukan masyarakat.

Jabatan Strategis di DPD RI

Sebagai Anggota DPD RI/MPR RI Masa Bakti 2019-2024, Senator SBANL memegang peran kunci sebagai Koordinator Tim Penyusunan Rencana Strategi (Renstra) DPD RI.

Pencapaiannya meliputi kepemimpinan di fraksi, Badan Sosialisasi MPR RI, Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT), dan Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI.

Kemudian, sebagai Koordinator Tim Jadwal dan Acara Panitia Musyawarah DPD RI, ia membuktikan kecemerlangannya.

Dalam pernyataannya, Senator SBAN Liow menyampaikan rasa syukur dan kesiapannya untuk melanjutkan pengabdian jika masyarakat Sulut tetap memberikan kepercayaan pada pemilu mendatang.

Prestasi, dedikasi, dan pengabdian Senator SBANL mendapat pengakuan dari sesama Senator dari berbagai provinsi.

Beberapa jabatan ia duduki dalam periode 2019-2024, termasuk sebagai Penasehat Pria/Kaum Bapa dan Panji Yosua Sinode GMIM.

Perannya sebagai Koordinator Tim Penyusunan Renstra DPD RI 2019-2024, menunjukkan keahliannya sebagai pemikir dan perencana.

Senator Stefanus Liow terlibat dalam penyusunan Renstra di berbagai tingkatan, termasuk Renstra Pemda Minahasa dan Rentra IKIP Manado/Unima di bawah kepemimpinan yang berbeda.

Keanggotaannya dalam Tim Kerja RUU Komite II DPD RI, Badan Sosialisasi MPR RI, dan berbagai panitia lainnya, menegaskan kualitasnya sebagai seorang pemimpin yang berdedikasi.

Stefanus BAN Liow Siap Lanjutkan Pelayanan di DPD RI

Minimal dukungan pemilih yang telah ia terima, Senator SBANL siap untuk melanjutkan pelayanan dan pengabdian sebagai Anggota DPD RI/MPR RI Masa Bakti 2024-2029.

Kelahirannya di Amurang Minsel pada tanggal 16 September 1967, melengkapi profilnya sebagai seorang pemimpin yang lahir dari dan untuk masyarakat Sulut.

KPU menetapkan Stefanus Liow sebagai Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 8, pada Pemilu yang akan digelar Tanggal 14 Februari 2024 mendatang.