banner 728x90

Di Gunung Tampusu, SBAN Liow Tanam Ribuan Pohon Bersama Petani dan Mahasiswa UNIMA

Di Gunung Tampusu, SBAN Liow Tanam Ribuan Pohon Bersama Petani dan Mahasiswa UNIMA
SBAN Liow tampak menanam pohon bersama petani dan mahasiswa UNIMA di Gunung Tampusu

TOMOHON, – Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP, melaksanakan penanaman pohon di Gunung Tampusu bersama para Petani dan Mahasiswa KKN UNIMA Tondano, Jumat (6/5/2022).

Anggota Komite II DPD RI utusan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang akrab disapa SBAN Liow tersebut menunjukan perhatiannya terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan/reboisasi.

SBAN Liow dalam kegiatan itu nampak berbaur langsung dengan kelompok tani dan mahasiswa dengan melakukan penanaman pohon seho, kayu nantu, kayu cempaka, pakoba dan buah-buahan sekitar 5.000 pohon.

Kepada wartawan suami tercinta Ir Miky JL Wenur MAP tersebut mengatakan, hutan berperan penting dalam menjalankan fungsi ekologi.

“Indonesia merupakan salah satu hutan tropis terluas di dunia. Sehingga, sektor kehutanan perlu dijaga dan dimaksimalkan bersama,” ungkap SBAN Liow.

Apalagi, kata dia, di Gunung Tampusu ada hewan yang mulai langkah yakni kuskus, kuse, tarsius dan berbagai jenis burung. “Kita perlu menjaga lingkungan hutan ini supaya hewan milik kita bersama ini tidak punah,” harap mantan Ketua PKB Sinode GMIM tersebut.

Ditegaskan pria yang pernah menjadi Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupa) Rumoong bawah Amurang Tahun 1986 dan Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) ITM, Tahun 1990-1992, bahwa sektor kehutanan mempunyai keterkaitan yang erat dengan isu lingkungan. 

“Tugas bersama penyelenggara negara, seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk melestarikan hutan, tanah dan air demi keseimbangan ekosistem lingkungan,” tukas SBAN Liow.

BACA JUGA: Peringati HPN 2022, Stefanus Liow Ajak Pers Jaga Integritas dan Perkuat Jati Diri

BACA JUGA: Masalah dan Usulan Rakyat Sulut Oleh Senator Stefanus Liow Ditanggapi Menteri LHK

Sementara, Ketua Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu, Kelurahan Pangolombian Raymond Pogali, memberikan apresiasi atas motivasi yang diberikan Senator Stefanus Liow.

“Bukan hanya sekedar wawasan dan pemahaman pentingnya kelestarian hutan, tanah dan air. Tetapi, Pak Senator justru terjun langsung bersama kami melakukan penanaman pohon kayu dan buah di Gunung Tampusu dan sekitarnya,” ucap Raymond didampingi Wakil Ketua Feky Umboh dan Charles Kalensun.

Raymon yang juga didampingi Sekretaris Demsy Kaunang dan Koordinator Mahasiswa KKN Unima Tondano Posko Kelurahan Pangolombian Misel Lasut mengaku bersyukur kegiatan penanaman sebelumnya berjalan baik.

“Penanaman pertama di Tahun 2021 bersama Senator Stefa, kelompok tani dan Pemuda GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian pada umumnya bertumbuh. Kami berharap untuk penanaman saat ini boleh berhasil seperti sebelumnya,” ucapnya.

Wakil Ketua I dan Sekretaris kelompok Feky Umboh dan Demsy Kaunang menambahkan pihaknya akan melanjutkan penanaman pohon tersebut.

“Lanjutan penanaman bersama pemuda diagendakan bulan Agustus 2022 bersamaan momentum perayaan kemerdekaan RI,” tukas Demsy di iyakan Komandan Panji Yosua P/KB GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian Noldy Sampuk yang hadir bersama dalam kegiatan itu.